3 Unsur yang Mendasari Teror Bom di Kampung Melayu

Selasa, 30 Mei 2017 - 17:46 WIB
3 Unsur yang Mendasari Teror Bom di Kampung Melayu
3 Unsur yang Mendasari Teror Bom di Kampung Melayu
A A A
JAKARTA - Teror bom di Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur beberapa waktu lalu menimbulkan kekhawatiran banyak pihak. Ada tiga unsur yang mendasari teror tersebut.

Pengamat intelijen Prayitno Ramelan menyebutkan, pertama mereka tetap menjadikan polisi sebagai sasaran. Kedua, kata dia serangan itu sebagai instrumen aksi balas dendam karena banyak teman mereka menjadi korban dan ditangkap di kasus Cicendo, Purwakarta, dan Tuban.

Dia menambahkan, ketiga mereka ingin menunjukkan eksistensinya kepada sel-sel terorisme lainnya di Indonesia dan di luar negeri. "Dengan aksi ini mereka ingin menunjukkan bahwa mereka masih ada dan mungkin saja untuk menimbulkan ketakutan jelang bulan Ramadan," ujar Prayitno dalam siaran pers yang diterima SINDOnews dari BNPT, Jakarta, Selasa (30/5/2017).

Menurutnya ISIS sebagai Islam tidak jelas, karena faktanya mereka menggunakan kekerasan dan perang untuk mewujudkan tujuannya. Sementara Islam, lanjut dia bukanlah agama kekerasan, tapi agama yang damai dan melindungi yaitu agama rahmatan lil alamin. (Baca: Muhammadiyah Minta Bom Kampung Melayu Tak Dikaitkan Agama Tertentu)

"Intinya, ISIS takut dimusuhi orang Islam, sehingga mereka sangat hati-hati dalam melakukan aksi," ucapnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8130 seconds (0.1#10.140)