4 Poin Pandangan Jokowi Terkait Terorisme di Dunia

Senin, 22 Mei 2017 - 11:28 WIB
4 Poin Pandangan Jokowi Terkait Terorisme di Dunia
4 Poin Pandangan Jokowi Terkait Terorisme di Dunia
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan empat pandangannya guna menangkal perilaku-perilaku terorisme di acara Arab Islamic America Summit atau Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Arab Islam Amerika di Conference Hall King Abdulaziz Convention Center, Riyadh Arab Saudi, Minggu 21 Mei 2017.

Pertama, kata Jokowi, umat Islam sedunia harus bersatu padu dalam meningkatkan ukhuwah Islamiyah. Pasalnya, persatuan umat Islam dunia merupakan kunci dari keberhasilan dalam memberantas aksi-aksi terorisme tersebut.

Persatuan umat Islam merupakan kunci untuk keberhasilan memberantas terorisme, janganlah energi kita habis untuk saling bermusuhan," kata Jokowi.

Sementara pandangan kedua Jokowi dalam menangkal terorisme adalah setiap negara harus meningkatkan kerja sama dalam pemberantasan radikalisme dan terorisme. Hal tersebut juga termasuk pertukaran informasi intelijen dan pertukaran penanganan Foreign Terrorist Fighters (FTF‎) dengan peningkatan kapasitas.

"Semua sumber pendanaan harus dihentikan kita semua tahu banyaknya dana yang mengalir sampai ke akar rumput di banyak negara dalam rangka penyebaran ideologi ekstrem dan radikal. Semua aliran dana harus dihentikan," tutur Jokowi.

Sementara untuk yang ketiga, Kepala Negara berpandangan bahwa upaya menyelesaikan terorisme dari akar masalah yang harus ditingkatkan. Dengan begitu ketimpangan dan ketidakadilan harus diakhiri, serta pemberdayaan ekonomi yang inklusif harus diperkuat.

"Terakhir (keempat), saya berharap bahwa setiap dari kita harus berani menjadi part of solution dan bukan part of problem dari upaya pemberantasan terorisme," ucapnya.

"Setiap dari kita harus dapat menjadi bagian upaya penciptaan perdamaian dunia," ujar Jokowi dalam mengakhiri sambutannya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6555 seconds (0.1#10.140)