Majelis Ulama Indonesia Usulkan Agar Punya Fraksi di DPR

Rabu, 26 April 2017 - 19:12 WIB
Majelis Ulama Indonesia Usulkan Agar Punya Fraksi di DPR
Majelis Ulama Indonesia Usulkan Agar Punya Fraksi di DPR
A A A
JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mengusulkan lembaganya memiliki fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Hal itu disampaikan Anwar saat memberikan 'closing statement' dalam rapat pleno Dewan Pertimbangan MUI yang dihadiri tokoh Islam dan pimpinan partai politik.

‎"MUI ingin berkomunikasi dengan partai politik dan di Senayan. Jadi ada Fraksi MUI Di DPR," ujar Anwar di Kantor MUI, Jakarta, Rabu (26/4/2017).

Anwar menjelaskan, Fraksi MUI nantinya akan memperkuat nilai-nilai Islam di parlemen dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Menurutnya, Fraksi MUI bukan saja menguntungkan umat Islam, melainkan seluruh umat manusia.

Masih kata dia, Fraksi MUI juga akan mengemban misi dalam upaya menciptakan kesejahteraan dan keadilan seluruh masyarakat Indonesia. "Tapi fraksi (MUI) ini tidak hanya memperjuangkan kepentingan umat Islam, tapi semua agama," ditegaskan Anwar usai menggelar rapat pleno.

Anwar sendiri mengaku tidak khawatir usulan MUI membentuk Fraksi DPR akan dicurigai bahwa MUI mulai bermain politik. Menurutnya, fraksi tersebut akan memperjuangkan nilai-nilai Pancasila.

Di mana, harapannya Fraksi MUI akan ikut berjuang membentuk undang-undang sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945. Ditambahkannya, usulan agar MUI mempunyai Fraksi di Senayan sudah lama dibahas di internal MUI.

"Kiai Maruf Amin sering juga menyampaikan begitu (Fraksi MUI di DPR)," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4212 seconds (0.1#10.140)