Dirjenpas Sambut Baik Kegiatan Nusantara Mengaji Bersama Napi

Selasa, 18 April 2017 - 21:23 WIB
Dirjenpas Sambut Baik Kegiatan Nusantara Mengaji Bersama Napi
Dirjenpas Sambut Baik Kegiatan Nusantara Mengaji Bersama Napi
A A A
JAKARTA - Nusantara Mengaji bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen Pas) Kemenkumham mengajak para narapidana (napi) di seluruh lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan (rutan) Indonesia mengaji bersama.

Koordinator Nasional Nusantara Mengaji, Jazilul Fawaid mengatakan, napi perlu diajak mengaji bersama agar mental dan spiritual mereka semakin baik dan kuat. Harapannya, kata dia bisa meminimalisir pelanggaran yang dilakukan para napi.

"Membaca Alquran juga dapat mendatangkan ketenangan bagi napi, dengan demikian akan mengurangi stres dan tekanan yang dihadapi dalam tahanan," ujar Jazilul dalam siaran persnya, Selasa (18/4/2017).

Sementara Sekretaris Dirjen Pas, Sri Puguh Utami mengakui acara seperti ini belum pernah diselenggarakan. Baginya acara yang digagas Nusantara Mengaji melibatkan para napi adalah terobosan baru.

“Tujuannya adalah untuk mengajak para napi menghayati kitab suci mereka, sehingga ketika kembali ke masyarakat, mereka memahami peran manusia sebagai pemimpin dan hamba Allah SWT yang mempunyai kewajiban menaati peraturan yang berlaku," ucap Sri.

Selain napi, acara juga melibatkan jamaah Nusantara Mengaji yang tersebar di seluruh Indonesia, mereka akan bergabung di rutan dan lapas terdekat di masing-masing kota. (Baca: Qari Langgam Jawa di Istana Banyak Menyalahi Tajwid dan Makhraj)

Acara ini dipusatkan di Rutan Kelas I Cipinang. Rencananya hadir dalam acara itu inisiator Nusantara Mengaji, Muhaimin Iskandar, Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Hamonangan Laoly, Menteristekdikti M. Nasir, dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi. Rencananya hadir juga Rektor UIN Jakarta, Dede Rosyada, Kornas Nusantara Mengaji Jazilul Fawaid, Mantan menteri Perindustrian Saleh Husin, dan anggota DPR Abdul Kadir Karding.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7388 seconds (0.1#10.140)