SINDO Weekly Award 2017, HT: Indonesia Maju Bila Daerah Maju

Selasa, 04 April 2017 - 03:06 WIB
SINDO Weekly Award 2017, HT: Indonesia Maju Bila Daerah Maju
SINDO Weekly Award 2017, HT: Indonesia Maju Bila Daerah Maju
A A A
JAKARTA - Majalah SINDO Weekly memberikan penghargaan kepada kepala daerah berprestasi, mulai tingkat kota, kabupaten dan provinsi. Dari bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, ekonomi kreatif, peduli lingkungan, investasi, layanan publik, pariwisata, e-Government dan lain-lain. Ada juga penghargaan khusus untuk sejumlah kepala daerah inspiratif.

"Selamat kepada kepala daerah yang memperoleh award. Indonesia maju kalau daerah maju,” ujar Chairman & CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) saat memberikan sambutan di SINDO Weekly Government Award 2017 di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (4/3/2017)

Dalam kesempatan tersebut, HT menuturkan ada dua kesenjangan yang terjadi di Indonesia. Pertama adalah kesenjangan kesejahteraan masyarakatnya.

"Kesenjangan kesejahteraan masyarakat tinggi, kota mapan, daerah tertinggal, sehingga pendapatan per kapita rendah USD3.600,” ungkapnya.

Rendahnya pendapatan per kapita tersebut tak lain disebabkan mayoritas daerah tertinggal. Selain itu, pembangunan antar wilayah timpang. “Tidak usah jauh-jauh contohnya Banten, tertinggal jauh dari Jakarta,” tegasnya.

HT menilai, Indonesia bisa maju kalau masyarakat di daerah terbangun, dimana masyarakat menengah ke bawah jadi menengah ke atas, bila hal tersebut terjadi daerah akan maju. Bila daerah maju menjadi pilar-pilar perekonomian, maka Indonesia akan kuat secara ekonomi.

Membangun daerah, lanjut HT, juga akan menyerap tenaga kerja. Apalagi pertumbuhan generasi muda begitu pesat. "Tanpa membangun daerah, mustahil tercipta lapangan kerja yang cukup untuk masyarakat kita yang membutuhkan,” katanya

Dia menegaskan kepala daerah harus tahu potensi daerah, tahu yang harus dibangun, mampu mengeksekusi sehingga daerah maju, rakyatnya makmur.

Penghargaan tersebut diharapkan bisa memberikan apresiasi bagi kepala daerah yang telah membangun daerah. Selain itu, menjadi inspirasi bagi kepala daerah lain yang belum mendapatkan penghargaan.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8170 seconds (0.1#10.140)