Mantan Panglima TNI Paparkan Kondisi Global dan Regional

Kamis, 30 Maret 2017 - 21:37 WIB
Mantan Panglima TNI Paparkan Kondisi Global dan Regional
Mantan Panglima TNI Paparkan Kondisi Global dan Regional
A A A
JAKARTA - Sekitar 60 peserta eselon II dari berbagai instansi pemerintah pusat dan daerah mengikuti acara kajian, pendidikan dan pelatihan aparatur I Lembaga Administrasi Negara di Jatinangor, Jawa Barat. Hadir pada kesempatan itu mantan Penglima TNI, Jenderal purnawirawan Moeldoko sekaligus memberikan materi.

Dalam kesempatan itu, Moeldoko memaparkan kondisi global dan regional, terutama 10 tren perubahan yang mengacu the future extremme karya James Canton. Dia juga menggambarkan faktor penentu masa depan, mulai dari kecepatan, kompleksitas, risiko, perubahan, dan banyaknya kejutan yang terjadi sekarang dalam berbagai aspek.

"Intinya, sebagai abdi negara eselon II yang berhasil, anda harus menjadi seorang pemberani," ujar Moeldoko dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, Kamis (30/3/2017).

Pada kesempatan itu dia juga mengungkapkan data World Economic Forum 2015-2016, indeks daya saing Indonesia berada di urutan ke-37 dari 140 negara. Sementara berdasarkan survei PBB pada 2016, kata dia indeks pembangunan manusia berada di tangga ke-133 dari 183 negara. (Baca: Moeldoko Pilih Jadi Dosen Ketika Pensiun dari TNI)

"Karena negara maju hanya diisi orang-orang yang memiliki keberanian untuk meraih prestasi demi kemajuan bangsa dan negaranya," ucapnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5166 seconds (0.1#10.140)