Kenangan Khofifah Atas KH Hasyim Muzadi tentang Oyot atau Akar

Kamis, 16 Maret 2017 - 17:20 WIB
Kenangan Khofifah Atas KH Hasyim Muzadi tentang Oyot atau Akar
Kenangan Khofifah Atas KH Hasyim Muzadi tentang Oyot atau Akar
A A A
DEPOK - Sejumlah tokoh Nasional terlihat mendatangi kediaman almarhum mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Hasyim Muzadi, di daerah Kukusan Beji, Depok.

Seperti Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa. Dia menuturkan, ada kesan mendalam terhadap almarhum. Selama satu bulan dirinya cukup intensif sowan ke KH Hasyim.

"Seminggu lalu beliau berpesan kamu jangan lupakan oyot atau akar. Akar dari peneguhan NKRI. Ketika persaudaraan antar umat Islam terbangun baik, maka akan terbangun ukhuwah Islamiyah," kata Khofifah, di Depok, Kamis (16/3/2017).

"Kemudian ketika persaudaraan antar manusia terbangun dengan baik, itu artinya ukhuwah nadiah, ketika persaudaraan dengan sesama NU artinya ukhuwah nadiniyah. Itu oyotnya," imbuhnya.

Menurut Khofifah, tidak mudah seseorang memiliki semangat hidup yang tinggi. Di umur beliau yang sudah tidak muda lagi, beliau masih sanggup melakukan perjalanan panjang. Misalnya rute dari selatan ke utara kemudian ke selatan lagi.

"Beliau berusaha hadir di setiap undangan dan seringkali berpesan Islam rahmatan lilalamin. Pesan itu enggak pernah berhenti, Islam sebagai penyemai kasih, Islam penyemai damai jangan menghadirkan Islam dengan kekerasan, terus itu beliau lakukan," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8482 seconds (0.1#10.140)