KH Wasiat Hasyim Muzadi Minta Dimakamkan di Al-Hikam Depok

Kamis, 16 Maret 2017 - 11:45 WIB
KH Wasiat Hasyim Muzadi Minta Dimakamkan di Al-Hikam Depok
KH Wasiat Hasyim Muzadi Minta Dimakamkan di Al-Hikam Depok
A A A
DEPOK - Suasana di kediaman KH Hasyim Muzadi sudah tampak ramai. Mantan Ketum PBNU itu akan dimakamkan di area rumahnya di Jalan H Amat, Kukusan, Beji, Depok. Kiai besar itu sebelum wafat sudah meminta agar dirinya dimakamkan di sana.

Ahmad Sodiq salah satu kerabat menuturkan, bahwa dimakamkannya almarhum di area Pondok Pesantren Al-Hikam merupakan wasiat KH Hasyim Muzadi. "Ini memang sudah wasiat beliau sejak lima tahun silam. Beliau minta di kuburankan di area Pondok," ujar Sodiq di lokasi, Kamis (16/3/2017).

Di samping wasiat almarhum, alasan lain dikuburkan di area Pondok yaitu mempermudah para santri dan keluarga untuk berziarah di makam beliau. "Jadi bisa mudah keluarga atau santri berziarah atau berdoa. Makanya kita makam di sini," ucapnya.

Dijelaskan Sodiq, Pondok Pesantren Al-Hikam merupakan hasil jerih payah almarhum yang membangunnya. Untuk itu, dengan adanya makam KH Hasyim Muzadi di sekitar pondok agar beliau bisa menikmati dan menyaksikan sendiri Pondok yang dibangunnya.

"Ini karya beliau yang luar biasa. Artinya denga hal ini beliau bisa melihat langsung setiap aktivitas pondok," tutupnya.

Diketahui, jenazah Almarhum KH Hasyim Muzadi akan di makamkan di Pondok Pesantren Al-Hikam Depok. Saat ini, jenazah tengah diterbangkan dari Malang menuju Depok.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9225 seconds (0.1#10.140)
pixels