Panglima TNI Minta Paspampres Jaga Simbol Negara

Selasa, 14 Maret 2017 - 14:54 WIB
Panglima TNI Minta Paspampres Jaga Simbol Negara
Panglima TNI Minta Paspampres Jaga Simbol Negara
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo meminta seluruh prajurit Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) untuk menjaga simbol negara.

Hal itu dikatakan Gatot saat serah terima jabatan (sertijab) Danpaspampres dari Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono kepada Brigjen TNI (Mar) Suhartono di Mako Paspampres, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

"Presiden dan Wakil Presiden adalah simbol negara dan kehormatan NKRI. sehingga penghormatannya sama dengan penghormatan kepada bendera negara Merah Putih," kata Gatot, Selasa (14/3/2017).

Sebagai simbol kenegaraan, kata Gatot, mutlak diperlukan perlindungan, pengawalan, dan pengamanan yang bersifat khusus, karena mencerminkan bangsa dan negara.

Artinya, terjaminnya keamanan simbol negara, berarti mencerminkan keamanan negara kita. "Ingat, kalian adalah prajurit-prajurit terpilih yang memiliki dedikasi dan militansi sangat tinggi dalam menjamin keamanan simbol negara," ujarnya.

Menurut Gatot, tugas pokok Paspampres adalah pengamanan fisik langsung jarak dekat kepada Presiden, Wakil Presiden, mantan Presiden dan Wakil Presiden dan keluarganya, tamu negara setingkat kepala negara, atau kepala pemerintahan, objek VVIP, dan sebagainya.

"Saya yakin dan percaya sepenuhnya, Paspampres telah sarat pengalaman serta berbagai dinamika tantangan tugas, yang memiliki kecenderungan terus bergerak secara dinamis seiring dengan perkembangan lingkungan strategis, ilmu pengetahuan, dan teknologi," ucapnya.

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ini menambahkan, dalam menyikapi perkembangan lingkungan strategis itu, hanya tersedia satu jawaban, tuntutan sekaligus kiat yang harus dipenuhi oleh seluruh Prajurit Paspampres, yaitu senantiasa meningkatkan profesionalitas, militansi, kesiapsiagaan dan kewaspadaan.

"Tugas dan tanggung jawab yang begitu berat dan kompleks selain semangat pengabdian, dedikasi dan loyalitas yang tinggi, dituntut pula kemampuan fisik, mental, disiplin, dan profesionalisme prajurit secara prima sehingga setiap pelaksanaan tugas di manapun dan pada situasi apapun dapat dilaksanakan dengan baik," tegasnya.

Kehadiran Paspampres, kata Gatot, harus dapat memancarkan efek batin yang tenang namun kuat, dapat memberikan jaminan keamanan, keselamatan dan kenyamanan kepada VVIP sehingga prajurit Paspampres dituntut untuk melaksanakan tugas dengan sempurna tanpa kesalahan sekecil apapun.

"Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan, atas segala dedikasi serta loyalitas pejabat lama Danpaspampres Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono. Kepada pejabat baru, Danpaspampres Brigadir Jenderal TNI (Mar) Suhartono segera integrasikan diri dengan lingkungan tugas yang baru agar tidak terjadi masa transisi apalagi stagnasi," tuturnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0549 seconds (0.1#10.140)