GNPF MUI Dukung Sikap NU Bela KH Ma'ruf Amin

Jum'at, 03 Februari 2017 - 18:18 WIB
GNPF MUI Dukung Sikap NU Bela KH Maruf Amin
GNPF MUI Dukung Sikap NU Bela KH Ma'ruf Amin
A A A
JAKARTA - Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) Bachtiar Nasir mengatakan, tokoh dan umat Islam marah dengan sikap terdakwa kasus dugaan penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang dinilai menghina Ketua MUI KH Ma'ruf Amin.

Menurut Bachtiar, kemarahan dan kecewaan terhadap Ahok dan kuasa hukumnya juga dirasakan seluruh umat Islam di Indonesia, termasuk kalangan Nahdlatul Ulama (NU), di mana Ma'ruf menjabat sebagai Rais Aam PBNU.

"Tentunya terkait persidangan ini menjadi domain Nahdlatul Ulama sebenarnya," ujar Bachtiar saat bertemu perwakilan MUI yakni Sekjen MUI Anwar Abbas di Kantor MUI, Jakarta, Jumat (3/2/2017).

Menurut Bachtiar, sosok Kiai Ma'ruf merupakan representasi dari Umat Islam karena kapasitasnya sebagai Ketua MUI. Sehingga, saat Ma'ruf dilecehkan dalam persidangan, maka membuat masyarakat Islam bereaksi.

Diakuinya, tidak sepantasnya Ahok dan kuasa hukumnya memperlakukan Kiai Ma'ruf layaknya seorang terdakwa. Apalagi kehadiran Ma'ruf sebagai saksi ahli. Maka itu, Bachtiar mengaku wajar umat Islam bereaksi termasuk Ormas NU.

"Karena itu kami di sini semua juga sepenuhnya mendukung upaya langkah-langkah yang dilakukan oleh pengurus pusat atau masyarakat Nahdlatul Ulama seluruh Indonesia," tukasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6411 seconds (0.1#10.140)