Jokowi Diminta Ungkap Rekam Jejak Calon Sekretaris MA

Kamis, 19 Januari 2017 - 14:23 WIB
Jokowi Diminta Ungkap Rekam Jejak Calon Sekretaris MA
Jokowi Diminta Ungkap Rekam Jejak Calon Sekretaris MA
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) diminta membuka rekam jejak ketiga calon Sekretaris Mahkamah Agung (MA) kepada publik. Sekretaris MA harus dijabat oleh orang yang memiliki integritas, jujur dan antikorupsi.

Direktur Center for Budget Analysis (CBA) Ucok Sky Khadafi mengatakan, keterbukaan ke publik ini perlu dilakukan agar adanya dugaan salah satu calon yang memutuskan vonis bebas terdakwa korupsi mafia minyak bisa terklarifikasi. Menurutnya calon yang memiliki rekam jejak tersebut harus dicoret dari proses pencalonan.

"Presiden harus memilih Sekretaris MA berdasarkan kriteria di atas, bukan berdasarkan kelompok politik atau kepentingan politik dari dalam atau luar Istana," ujar Ucok, Jakarta, Kamis (19/1/2017).

Dia juga mengingatkan Jokowi lebih selektif dalam memilih nama calon untuk diajukan sebagai Sekretaris MA. Menurutnya, Sekretaris MA ikut menentukan kinerja MA ke depan.

"Nama yang sebut beberapa kali memvonis bebas terdakwa korupsi, termasuk mafia minyak lintas negara tidak boleh atau harus digugur jadi Sekretaris MA," ucapnya. (Baca: Jokowi Sudah Pilih Satu Nama Calon Sekretaris MA Pengganti Nurhadi)

Tiga nama yang diajukan ke Presiden Jokowi untuk ditempatkan sebagai Sekretaris MA adalah, Achmad Setyo Pudjoharsoyo, Aco Nur, dan Imron Rosyadi.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9273 seconds (0.1#10.140)