Pimpinan DPR Terima Surat Pergantian Ade Komarudin

Kamis, 24 November 2016 - 14:32 WIB
Pimpinan DPR Terima Surat Pergantian Ade Komarudin
Pimpinan DPR Terima Surat Pergantian Ade Komarudin
A A A
JAKARTA - Pimpinan DPR telah menerima surat dari Partai Golkar mengenai permohonan pergantian Ketua DPR dari Ade Komarudin kembali kepada Setya Novanto.

Wakil Ketua DPR Agus Hermanto mengaku sudah melihat surat tersebut di meja pimpinan DPR, Rabui 23 November 2016.

"Ada dua surat yang diterima. Pertama dari Fraksi Partai Golkar yang ditandatangani Plt (Pelaksana Tugas) Ketua Fraksi Kahar Muzakir, dan surat DPP ditandatangi oleh Ketua Harian dan Sekretaris Jenderal Golkar," ujar Agus di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (24/11/2016). (Baca juga: Ade Komarudin Siap Melepas Jabatan Ketua DPR)

Menyikapi surat tersebut, DPR akan melakukan rapat membahas surat pergantian posisi ketua DPR itu, sebagaimana mekanisme yang diatur dalam Undang-undang tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD.‎ "Mudah-mudahan hari ini pimpinan lengkap, kami akan melakukan rapat pimpinan," ujar Agus.

Dia menjelaskan, pembahasan surat tersebut harus dihadiri minimal oleh tiga orang pimpinan. Menurut dia, jika kurang dari tiga pimpinan maka rapat dinyatakan tidak kuorum.‎

Apabila kuorum, kata dia, surat tersebut akan dibacakan dalam rapat rapat paripurna DPR. Selanjutnya, surat pergantian posisi ketua DPR itu dibahas dalam badan musyawarah (Bamus) DPR. Lalu hasilnya disampaikan ke dalam rapat paripurna selanjutnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6995 seconds (0.1#10.140)