Menhan Optimistis Industri Pertahanan Indonesia Bisa Bangkit

Kamis, 03 November 2016 - 17:42 WIB
Menhan Optimistis Industri Pertahanan Indonesia Bisa Bangkit
Menhan Optimistis Industri Pertahanan Indonesia Bisa Bangkit
A A A
JAKARTA - Masyarakat Indonesia pantas berbangga hati dengan geliat industri pertahanan dalam negeri yang mulai bangkit. Hal tersebut tersirat dalam sejumlah penandatangan kerja sama bidang industri pertahanan antara Indonesia dengan negara sahabat.

Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu yang ditemui di arena Indodefence Expo & Forum 2016 mengaku optimis melihat geliat tersebut.

"Pokoknya kalau kerja sama itu menguntungkan, nanti banyak pabrik di sini nambah itu. Tinggal nyari tempatnya," ujar Ryamizard di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (3/11/2016).

Sejumlah produk unggulan seperti kapal laut dan senjata laras pendek disebut Ryamizard sebagai salah satu contoh capaian industri pertahanan di Indonesia. Selain itu, ada pula pabrik pembuat peluru kaliber kecil dan kaliber besar, hingga bom latih untuk pesawat Sukhoi yang tengah dirintis di Indonesia.

Ke depan, kata Ryamizard, pemerintah berambisi untuk mencapai kemandirian di sektor industri pertahanan. Melalui gelaran Indodefence Expo & Forum inilah, kerja sama bidang industri pertahanan dan transfer teknologi mulai dijajaki.

"Makin hari makin berkembang. Nanti ke depan kita buat sendiri, boat. Kapal sudah banyak yang pesan. Terus senjata laras pendek. Sekarang kita kerja sama lagi dengan Rheinmetall untuk membuat peluru. Jadi harus banyak. Nggak bisa Pindad aja. Sehingga kalau pesan sebanyak mungkin ya cepat," kata Ryamizard.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6926 seconds (0.1#10.140)