Hari Sumpah Pemuda, Anak Muda Butuh Keteladanan

Jum'at, 28 Oktober 2016 - 14:40 WIB
Hari Sumpah Pemuda, Anak Muda Butuh Keteladanan
Hari Sumpah Pemuda, Anak Muda Butuh Keteladanan
A A A
JAKARTA - Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Gedung DPR agak berbeda dibanding sebelumnya. Di DPR ratusan siswa dari berbagai sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK) unggulan di Jakarta hadir di Gedung DPR. Mereka mengikuti talk show peran kepemudaan bersama tokoh pendidikan Prof Yohanes Surya.

Siswi SMAN 78 Ratu Assuifa Bintang sebagai salah satu panelis mengatakan, sebagian anak bangsa seolah-olah saat ini telah kehilangan karakter. “Berbagai perilaku amoral, tindakan anarkis dan perilaku koruptif menjadi tontonan menarik diberbagai media. Bangsa ini seolah-olah kehilangan tuntunan. Menurutnya perlu bagi para pemuda untuk dapat juga mengimplementasikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya di Komplek DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (28/10/2016).

Sementara, Ketua Persatuan Istri Anggota (PIA) Fraksi Partai Demokrat Aliya Baskoro Yudhoyono yang hadir menjadi moderator pada talk show itu menekankan pada pentingnya penanaman dini akan kecintaan dan kebanggaan akan produk lokal.

"Salah satu tonggak perekonomian kita adalah pengrajin sektor lokal. Untuk itu sangat penting bagi kita dan terutama adik-adik agar menyadari bahwa kita harus turut menggunakan teknologi yang kita punya bukan hanya untuk mengikuti jaman tetapi juga untuk mempromosikan apa yang kita punya di negeri kita," ujarnya.

Sedangkan, Prof Yohanes Surya mengungkapkan, Hari Sumpah Pemuda bukan hanya diperingati sebagai kegiatan seremonial rutin tahunan, namun seharusnya menjadi ajang mengevaluasi dan membangkitkan semangat pemuda untuk berinovasi, berkreasi dalam memajukan bangsa.

"Menumbuhkan karakter, sudah seharusnya bangsa ini sadar dan kembali meningkatkan pentingnya berkarya dan menghasilkan sesuatu bagi bangsa. Untuk itu, para pelajar Indonesia harus berani dan bisa untuk terus berkembang meneliti semua hal yang bisa diriset. Karena suatu bangsa maju juga karena riset yang ada," tuturnya.

Di bagian lain, Wakil Ketua PIA DPR Ishta Agus Hermanto juga meminta para pemuda agar jangan mau diremehkan. Hari Sumpah Pemuda ini menurutnya seharusnya juga menjadi ajang pembuktian pemuda bisa berbuat lebih.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5817 seconds (0.1#10.140)