Kepala Daerah Disarankan Buat Terobosan

Rabu, 07 September 2016 - 22:44 WIB
Kepala Daerah Disarankan Buat Terobosan
Kepala Daerah Disarankan Buat Terobosan
A A A
DEPOK - Para kepala daerah disarankan untuk berpikir progresif melakukan berbagai terobosan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Hal itu terungkap dalam pelaksanaan hari kedua Sekolah Partai Calon Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Depok, Jawa Barat, Rabu (7/9/2016). Kegiatan tersebut mengangkat tema Indonesia Poros Maritim Dunia.

Adapun bertindak sebagai pembicara dalam acara itu, yakni Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Sindonews, Sekolah Partai Calon Kepala Daerah PDIP mengundang Menteri Susi karena sebagian peserta berasal dari daerah-daerah kepulauan atau daratan yang mempunyai wilayah pesisir.

Pada awal paparannya, Susi mengungkapkan fakta-fakta kemajuan selama dua tahun menjabat menteri. "Yang paling nyata adalah, saya menghentikan illegal fishing (pencurian ikan) sehingga Indonesia menjadi penghasil ikan nomor satu di ASEAN dan bisa menyetor pendapatan negara lebih banyak dari sebelumnya," tutur Susi.

Susi juga melaporkan sejak kapal-kapal asing tidak beroperasi, penghasilan para nelayan meningkat dan kesejahteraan mereka juga meningkat.

Menurut dia, terobosan sudah dilaksanakannya dalam dua tahun ini dengan membongkar sistem yang selama ini dikuasai oleh mafia. Selanjutnya, kata dia, saatnya membangun dan memperkuat kedaulatan rakyat.

"Pemerintah mengeluarkan keppres dan perpres percepatan pembangunan industri perikanan yang akan dikendalikan rakyat, kekuatan nasional. Inilah yang kita sebut berdaulat dan berdikari di lautan. Kita tangani sendiri, tidak perlu investor asing," tuturnya.

Sekretaris Sekolah Partai PDIP, Eva Kusuma Sundari mengatakan, bahan ajar Metode Berpikir Bung Karno telah didiskripsikan dalam praktik di skala nasional oleh Menteri Susi.

"Peserta menjadi yakin ideologi Pancasila dan strategi Trisakti mampu untuk menyejahterakan rakyat daerah sekaligus untuk skala nasional," ujar Eva.

Komarudin Watubun, Kepala Sekolah Calon Kepala Daerah PDIP yang juga anggota Komisi II DPR menegaskan perlu perencanaan yang baik dalam pengelolaan laut.

"Kita dukung pemerintah melakukan penyelarasan perencanaan pembangunan di bidang kelautan sampai tingkat pemerintah daerah agar kesejahteraan bisa terwujud secara adil dan merata. Kekayaan laut kita adalah modal besar untuk wujudkan kesejahteraan rakyat," ujar Komarudin Watubun.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6887 seconds (0.1#10.140)