Menko Polhukam Beberkan Penyelidikan Bom di Medan

Senin, 29 Agustus 2016 - 15:23 WIB
Menko Polhukam Beberkan Penyelidikan Bom di Medan
Menko Polhukam Beberkan Penyelidikan Bom di Medan
A A A
JAKARTA - Penyelidikan sementara didapatkan pelaku percobaan ‎bunuh diri di Gereja St. Yosep, Medan, Sumatera Utara (Sumut) masih berusia 18 tahun.

Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan, pelaku yang diketahui bernama Ivan Hasugian merupakan empat bersaudara‎ setiap harinya aktif membantu usaha warnet milik kakaknya.

"‎Kira-kira si anak ini terobsesi dengan Abu Bakar Al Baghdadi dari ISIS. Di rasnselnya ditemukan I love Al Baghdadi‎," ujar Wiranto di Istana Negara, Jakarta, Senin (29/8/2016).

Dia menjelaskan, berdasarkan barang bukti yang berhasil diamankan melalui media internet miliknya, pelaku tergolong aktif menelusuri situs-situs berkenaan dengan gerakan ISIS.

Bahkan, kata dia, di dalam kamar pelaku juga ditemukan alat untuk merakit bom seperti kabel tembaga Travo, bubuk mesiu dan lampu bohlam sebanyak 85 buah serta bahan lainnya yang disinyalir untuk kebutuhan membuat bom. (Baca: Kapolri Beri Penghargaan ke Personel Polri Korban Bom Solo)

"Bom di punggungnya ada 6 enam batangan dari pipa korden dipotong enam dimasuki semen bubuk mesiu korek api, sehingga tidak meledak, meledaknya juga seperti petasan," jelasnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6743 seconds (0.1#10.140)