177 Jamaah Haji Indonesia Sudah Ada di KBRI Manila

Sabtu, 27 Agustus 2016 - 10:59 WIB
177 Jamaah Haji Indonesia Sudah Ada di KBRI Manila
177 Jamaah Haji Indonesia Sudah Ada di KBRI Manila
A A A
JAKARTA - Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI), Lalu Muhammad Iqbal mengatakan, 177 calon jamaah haji yang berada di Filipina seluruhnya sudah dipindahkan ke Kedutaan Besar RI (KBRI) di Manila untuk segera dipulangkan ke Indonesia.

"Setelah 138 calon jamaan dipindah, malam tadi dengan kerja keras Tim Perlindungan WNI KBRI Manila 39 lainnya menyusul dipindahkan," kata Lalu saat dihubungi, Sabtu (27/8/2016).

Lalu menjelaskan, 39 calon jamaah haji tersebut dipindahkan dari detensi imigrasi Filipina ke KBRI. "Dengan demikian seluruhnya 177 WNI sudah berada di KBRI Manila dan secara unum seluruhnya dalam keadaan baik," jelasnya.

Untuk diketahui, kasus ini bermula imigrasi Filipina tidak memberikan izin 177 jamaah haji asal Indonesia saat di Bandara Ninoy Aquino, Manila karena menggunakan paspor Filipina dengan dijanjikan diberangkatkan haji pakai kuota haji dari Filipina.

Seluruh calon jamaah haji tersebut menggunakan tujuh biro perjalanan diantaranya PT Taskiah, PT Aulad Amin, PT Aulad Amin Tours Makasar, Travel Shafwa Makasar, Travel Hade El Barde, KBIH Arafah, dan KBIH Arafah Pandaan.

Ternyata, ketujuh biro perjalanan haji tersebut tidak memiliki izin resmi dan diduga ada praktik penipuan yang dilakukan biro perjalanan haji karena 177 jamaah diberangkatkan ke tanah suci menggunakan paspor Filipina bukan Indonesia.

Dalam melakukan praktiknya, calon jamaah haji diharuskan membayar 6.000 hingga 10.000 dollar AS untuk melalukan ibadah haji.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3961 seconds (0.1#10.140)