Menag Bilang Hilal Masih di Bawah Dua Derajat

Senin, 04 Juli 2016 - 19:45 WIB
Menag Bilang Hilal Masih di Bawah Dua Derajat
Menag Bilang Hilal Masih di Bawah Dua Derajat
A A A
JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) baru saja menggelar sidang Isbat bersama Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maruf Amin, Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher, Dirjen Bimas Islam Machasin dan sejumlah ormas agama Islam.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyampaikan berdasarkan hasil Isbat puasa Ramadhan tahun ini berlangsung selama 30 hari. Artinya, kata dia 1 Syawal 1437 Hijriah untuk perayaan Idul Fitri jatuh pada Rabu 6 Juli 2016.

"Maka kita bersepakat tahun ini, syawal jatuh pada hari Rabu 2016," jelas Lukman di Kemenag Jalan MH Thamrin, Jakarta, Senin (4/7/2016).

Dia menerangkan, berdasarkan hisab bahwa posisi hilal masih berada di bawah ufuk berkisar minus dua derajat. "Dari seluruh tanah air dari barat sampai timur maka posisi hilal ada di bawah ufuk," terangnya.

Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menambahkan, hasil hisab diketahui berdasarkan titik ketinggian di semua provinsi Indonesia yang dilakukan oleh tim hisab rukyat Kemenag dan pembinaan syariah. (Baca: 1 Syawal 1437 H Jatuh pada Rabu 6 Juli)

"Melaporkan bahwa seluruh provinsi selain Aceh dan Sumatera tidak ada satupun yang lihat hilal. Namun di dua titik itu masih minus dua derajat," ucapnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7184 seconds (0.1#10.140)