Perang yang Akan Dihadapi Indonesia di Masa Mendatang

Minggu, 29 Mei 2016 - 13:53 WIB
Perang yang Akan Dihadapi Indonesia di Masa Mendatang
Perang yang Akan Dihadapi Indonesia di Masa Mendatang
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengingatkan generasi muda agar bijak dalam memanfaatkan sumber daya alam (SDA) yang terkandung di bumi Indonesia. Pasalnya, kekayaan alam yang dimiliki Indonesia berpotensi menjadi incaran negara asing di masa mendatang.

Prediksi Gatot pun bukan tanpa landasan. Menurutnya, potensi konflik akibat SDA melimpah telah disadari oleh Presiden pertama RI Ir Soekarno. Mengutip sang proklamator, Gatot mengatakan, kekayaan alam Indonesia suatu saat nanti akan membuat iri negara-negara di dunia.

"Dan semua kini sudah menjadi kenyataan. Kita harus semakin waspada dengan kekayaan alam yang kita miliki karena menjadi bahan rebutan oleh negara asing," ujar Gatot melalui keterangan pers yang diterima Sindonews, Minggu (29/5/2016).

Lonjakan pertumbuhan penduduk dunia yang melebihi batas menjadi salah satu faktor habisnya SDA. Kata Gatot, pertambahan jumlah penduduk memerlukan pasokan pangan, air, dan energi yang melimpah untuk menopang hidup. Hal tersebut yang dinilai menjadi pemicu konflik antar negara.

Peperangan perebutan sumber daya itu bakal terjadi tak lama lagi. Gatot memprediksi, pada tahun 2043 nanti energi fosil akan habis. Kondisi tersebut akan memicu perang dalam rangka mengambil alih energi yang dihasilkan oleh bahan nabati.

“Ke depan, energi itu bisa digantikan dengan hayati dan kekayaan alam hayati ada di negara ekuator, terutama di Indonesia. Maka Indonesia akan menjadi lumbung pangan, air sekaligus juga lumbung pengganti energi hayati,” katanya.

“Perang ke depan adalah perang pangan, air dan energi diistilahkan perang ekonomi dan lokasinya di Indonesia, inilah ancaman bangsa Indonesia,” imbuh Gatot.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7934 seconds (0.1#10.140)