Soal China, Sikap JK Bertentangan dengan Menlu Retno Marsudi

Kamis, 24 Maret 2016 - 14:03 WIB
Soal China, Sikap JK Bertentangan dengan Menlu Retno Marsudi
Soal China, Sikap JK Bertentangan dengan Menlu Retno Marsudi
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) seharusnya tidak melakukan pertemuan dengan sejumlah pemimpin perusahaan dari China di Hainan. Pertemuan itu dianggap tidak sejalan dengan sikap pemerintah melalui Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi sedang memprotes sikap kapal patroli China di perairan Natuna.

Pertemuan antara JK dengan sejumlah pemimpin perusahaan dari China itu membahas persoalan investasi di Indonesia. Sikap yang ditunjukan JK itu sebagai gambaran tidak solidnya Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK).

"Di kita ini kadang-kadang yang satu ngomong A, yang lain ngomong B, yang lain ngomong C. Jadi tidak ada koordinasi," ujar Wakil Ketua DPR, Fadli Zon di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (24/3/2016).

Menlu Retno Marsudi melayangkan nota protes ke Pemerintah China atas masuknya kapal KM Kway Fey 10078 dan kapal penjaga pantai negeri tirai bambu itu ke perairan Natuna, Kepulauan Riau.

KP Hiu 11 milik Kementerian Kelautan dan Perikanan menangkap kapal pelaku penangkapan ikan ilegal asal China, KM Kway Fey 10078, di perairan Natuna, Sabtu 19 Maret 2016. Namun, gagal karena kp Hiu 11 milik Kementerian Kelautan dan Perikanan ditabrak oleh kapal patroli milik China.

Baca: China Ajak Perang Indonesia di Perairan Natuna.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1010 seconds (0.1#10.140)