Sejumlah Kalangan Usul DPR Bangun Perpustakaan Parlemen

loading...
Sejumlah Kalangan Usul DPR Bangun Perpustakaan Parlemen
Sejumlah Kalangan Usul DPR Bangun Perpustakaan Parlemen
A+ A-
JAKARTA - Kalangan akademisi dan budayawan mengusulkan kepada pemimpin DPR ntuk membangun perpustakaan umum parlemen.

Usul tersebut disampaikan oleh pendiri Freedom Institute, Rizal Mallarangeng yang datang ke Gedung DPR bersama ilmuwan sosial Ignas Kleden, politikus Partai Demokrat Ulil Abshar Abdalla, novelis sekaligus budayawan Ayu Utami.

Hadir pula ‎aktivis sosial budaya Nong Darol Mahmda, penggiat budaya atau pionir pustaka pedesaan Nirwan Arsuka‎, serta dosen universitas Paramadina Lutfhi‎ Assyaukanie.

Usul itu disampaikan mereka kepada sejumlah tokoh lainnya kepada Ketua DPR Ade Komarudin dan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. Pertemuan berlangsung tertutup sekitar pukul 10.00 hingga pukul 12.30 WIB.‎

Setelah pertemuan, mereka menggelar konferensi pers bersama. Rizal menjelaskan kepada awak media tentang gagasan pembangunan perpustakaan umum parlemen.

Dalam presentasinya, Rizal memamerkan perpustakaan megah milik Singapura‎ atau National Library Singapore. Adik dari mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Alfian Mallarangeng itu juga memamerkan perpustakaan milik Freedom Institute.



Menurut Rizal, perpustakaan nasional yang dimiliki Singapura saat ini merupakan perpustakaan terbesar se-Asia Tenggara. ‎"Masak sih kita enggak bisa membangun perpustakaan yang sangat baik," kata Rizal ‎di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (22/3/2016).

Dia berpendapat, parlemen Indonesia layak memiliki ‎perpustakaan umum yang lebih dari Singapura sehingga bisa menjadi perpustakaan terbesar se-Asia Tenggara nantinya.

"Modelnya nanti bukan perpustakan biasa, karena ini (Parlemen) lembaga terhormat, juga perpustakaannya bisa dibanggakan dengan fasilitas," tuturnya.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top