Tepat, Tindakan Tegas Menteri Susi terhadap Kapal Thailand

Minggu, 31 Januari 2016 - 18:10 WIB
Tepat, Tindakan Tegas Menteri Susi terhadap Kapal Thailand
Tepat, Tindakan Tegas Menteri Susi terhadap Kapal Thailand
A A A
JAKARTA - Anggota Komisi III DPR Sufmi Dasco Ahmad mendukung langkah Menteri Kelautan dan Peringatan Susi Pudjiastuti yang menahan kapal MV Silver Sea II yang berbendera Thailand.

Dia menilai ketegasan Susi terhadap kapal tersebut sudah tepat. "Masalah ini sebenarnya bukan lagi pidana, tapi sudah merupakan pelanggaran kedaulatan yang sangat serius," kata Sufmi melalui keterangan tertulis kepada Sindonews, Minggu (31/1/2016).

Menurut dia, situasi kedaulatan di Indonesia akan sangat berbahaya bila tanpa adanya ketegasan. Apalagi, kata dia, garis pantai Indonesia sangat panjang.

"Jika pelanggaran kedaulatan tersebut terus ditolerir, kapal-kapal ikan asing itu bisa digunakan jaringan teroris untuk selundupkan senjata, " tutur Sufmi. (Baca juga: Yusril Somasi Menteri Susi)

Menurut dia, Menteri Susi tidak boleh dibiarkan sendirian dalam menghadapi gugatan yang diajukan Kuantin Kuarabiab, nahkoda kapal tersebut . "Kedaulatan adalah masalah kita bersama," tandas Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra ini.

Dia menjelaskan, sepengatahuannya gugatan kapal Thailand hanya mengenai prosedur penyidikan, tidak masuk ke substansi. "Kalau benar demikian penyidik KKP tinggal memperbaiki saja aspek formal penyidikan dan segera melimpahkan ke pengadilan," katanya.

PILIHAN:

Perkuat Penjagaan Perbatasan, TNI AL Sebar 50 Kapal
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5263 seconds (0.1#10.140)