Megawati Ingin Jokowi Tinjau Ulang Kontrak Karya PT Freeport

Minggu, 10 Januari 2016 - 15:36 WIB
Megawati Ingin Jokowi Tinjau Ulang Kontrak Karya PT Freeport
Megawati Ingin Jokowi Tinjau Ulang Kontrak Karya PT Freeport
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mendorong Pemerintah Joko Widodo (Jokowi) untuk meninjau ulang kontrak karya perusahaan tambang milik asing yang melakukan eksplorasi di Indonesia.

Megawati menilai, praktik bisnis perusahaan tambang asing selama ini menyalahi semangat Pasal 33 UUD 1945 yang prinsipnya mengutamakan daulat rakyat atas kekayaan alam Indonesia.

"Konstitusi telah memandatkan agar sumber daya alam dikelola dengan mengedepankan prinsip daulat rakyat," ucap Megawati dalam pembukaan Rakernas I PDIP di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (10/1/2015).

Prinsip daulat rakyat tersebut, lanjut Mega, yang menjadi dasar kewajiban konstitusional pemerintah untuk menyelamatkan dan mengembalikan aset negara. Salah satu langkah yang disarankan Mega yakni meninjau kembali kontrak karya yang ada di Indonesia.

"PT Freeport misalnya, bisa ditinjau ulang kontrak karyanya agar semaksimal mungkin berkontribusi terhadap kepentingan nasional dan kesejahteraan rakyat," tandas Megawati.

Pilihan:

Amien Rais Sebut Ada Menteri Lebih Superior dari Jokowi

Jokowi Perlu Reshuffle Kabinet, Ini 9 Menteri Layak Diganti
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3922 seconds (0.1#10.140)