DPR Terima Kunjungan Presiden Italia

Senin, 09 November 2015 - 20:40 WIB
DPR Terima Kunjungan Presiden Italia
DPR Terima Kunjungan Presiden Italia
A A A
JAKARTA - Ketua DPR Setya Novanto bersama Pemimpin DPR lainnya menerima kunjungan Presiden Italia Sergio Mattarella beserta rombongan yang tiba sekitar pukul 18.00 WIB.
Pertemuan tersebut berlangsung tertutup. Usai pertemuan Setya menyampaikan, bahwa Indonesia dengan Italia sepakat mempererat kerja sama di bidang perdagangan.

"Kami berharap hubungan perdagangan kedua negara dapat terus ditingkatkan, begitu juga kerja sama di bidang-bidang lainnya, termasuk investasi," ujar Setya Novanto di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (9/11/2015).

Setya mengapresiasi bahwa nilai perdagangan Indonesia dengan Italia pada tahun 2013 mencapai US$ 3,82 miliar sedangkan pada tahun 2014, meningkat sekitar US$ 4 miliar.

Ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kala itu. Oleh karenya ia berharap hubungan perdagangan antara kedua negara lebih meningkat lagi di tahun 2015 ini. Menurutnya, hubungan bilateral antara Indonesia dan Italia yang terjalin selama lebih dari 60 tahun sejauh ini telah berjalan dengan baik.

Terbukti dengan sejumlah perjanjian kerja sama yang telah disepakati salah satunya yaitu dibentuknya asosiasi persahabatan dan kerja sama Indonesia-Italia tahun 2006 serta forum konsultasi bilateral pada tahun 2009.

Setya menyampaikan bahwa banyak potensi kerjasama yang bisa dikembangkan oleh kedua negara. Potensi kerja sama tersebut tidak saja berkaitan dengan aspek ekonomi, perdagangan dan investasi tetapi juga banyak aspek sosial-budaya dan pariwisata.

"Kami berharap Italia juga dapat mengambil bagian dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia, khususnya pembangunan infrastruktur untuk mendukung penguatan konektivitas maritim yang saat ini menjadi prioritas Pemerintahan Joko Widodo," paparnya.

Dalam kesempatan itu, Setya juga mengatakan bahwa Indonesia ingin belajar dari pengalaman Italia tentang manajemen keuangan khususnya asset recovery pengembalian dana luar negeri.

"Kami berharap Italia mendapatkan dukungan usulan bebas visa bagi WNI untuk ke Eropa, via Schengen," tandas Setya.

Pilihan:

Inikah Dokumen Perjanjian Broker Pertemuan Jokowi-Obama?
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7486 seconds (0.1#10.140)