Makna Sumpah Pemuda bagi Kejaksaan Agung

Rabu, 28 Oktober 2015 - 15:57 WIB
Makna Sumpah Pemuda bagi Kejaksaan Agung
Makna Sumpah Pemuda bagi Kejaksaan Agung
A A A
JAKARTA - Kejaksaan Agung (Kejagung) mengapresiasi pemuda Indonesia yang berhasil mengawal perubahan besar di Tanah Air. Hal itu disampaikan Wakil Jaksa Agung Andhi Nirwanto dalam rangka Hari Sumpah Pemuda ke-87.

Dia menuturkan, tekad dan keberanian pemuda telah menginspirasi dan menguatkan persatuan dan kesatuan bangsa jauh sebelum kemerdekaan Republik Indonesia dideklarasikan.

"Sungguh, sebuah momentum sejarah yang patut untuk terus kita kenang, kita refleksikan, kita pelajari, kita teladani dan kita semaikan spiritnya demi kebangkitan para pemuda Indonesia," kata dia dalam sambutan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-87 di Kejagung, Jakarta Selatan, Rabu (28/10/2015).

Andhi menyampaikan, 28 Oktober 1928 merupakan tahun yang cukup jauh sebelum Indonesia mencapai kemerdekaan. Namun, pemuda Indonesia sudah memiliki kesadaran tinggi, bahwa tanpa persatuan dan kesatuan seluruh elemen bangsa, Indonesia sebagai sebuah bangsa dan negara tidak akan pernah bisa terwujud.

Lanjut dia, para pemuda itu tidak memerdulikan apa latar belakang agama, suku, ras dan golongan mereka. Mereka hanya peduli dengan satu ide.

"Kobaran semangat kesatuan, persatuan dan cinta Tanah Air lah, yang membuat hati para pemuda saat itu dari seluruh penjuru negeri, berkumpul dan berikrar suci demi cita-cita luhur tegaknya Indonesia," pungkasnya.

PILIHAN:

Koordinasi Pemerintah Atasi Kabut Asap Dinilai Parsial

Fadli Zon: Effendi Simbolon Pantas Jadi Menteri ESDM

(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5285 seconds (0.1#10.140)