Kondisi Politik Hingga Pemberantasan Korupsi Tak Berubah

Selasa, 20 Oktober 2015 - 13:59 WIB
Kondisi Politik Hingga Pemberantasan Korupsi Tak Berubah
Kondisi Politik Hingga Pemberantasan Korupsi Tak Berubah
A A A
JAKARTA - Hari ini pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) genap berusia satu tahun setelah dilantik pada 20 Oktober 2014.

Namun begitu, berdasarkan survei Poltracking Indonesia mayoritas masyarakat menilai tidak ada perubahan atau sama saja berkaitan dengan isu-isu utama di pemerintahan Jokowi-JK.

Hal ini terlihat dari persentase survei yang dilakukan pada 7 hingga 14 Oktober 2015 dengan 1.200 responden dari seluruh provinsi di Indonesia melalui margin of error 3% pada 95% tingkat kepercayaan.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda menyampaikan, masyarakat menilai 42,32 persen masyarakat menilai kondisi politik nasional sama saja.

"Kondisi politik nasional sekarang bagi sebagian publik dinilai sama saja. Namun yang menjawab lebih buruk jumlahnya banyak 22 persen dibandingkan yang menjawab lebih baik," kata Hanta dalam rilis surveinya di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (20/10/2015).

Isu utama lainnya yang mendapatkan nilai sama saja ialah kondisi keamanan nasional, penegakan hukum, keamanan nasional, hingga pemberantasan korupsi. Hanta menambahkan, survei ini bertujuan untuk mengetahui kondisi dan problem pokok yang dihadapi oleh masyarakat serta mengevaluasi kinerja setahun Jokowi-JK.

"(Juga) untuk mengevaluasi kinerja para menteri Kabinet Kerja, mengevaluasi kebijakan dan penanganan persoalan masyarakat oleh pemerintah dan mengevaluasi kinerja institusi-institusi negara," tandasnya.

Berikut persentase survei berkaitan isu utama:

1. Kondisi politik nasional 42,32% (sama saja)
2. Kondisi penegakan hukum 42,72% (sama saja)
3. Keamanan nasional 42,63% (sama saja)
4. Pemberantasan korupsi 36,53% (sama saja).

PILIHAN:
Satu Tahun Jokowi-JK, MPR Punya Tiga Harapan

Enam Poin Hasil RDP Komisi I dengan Menhan dan Panglima TNI
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2880 seconds (0.1#10.140)