KSAD: Bela Negara Bukan Hanya Soal Perang

Kamis, 15 Oktober 2015 - 14:28 WIB
KSAD: Bela Negara Bukan Hanya Soal Perang
KSAD: Bela Negara Bukan Hanya Soal Perang
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono menanggapi program pemerintah menggulirkan 100 juta masyarakat Indonesia wajib ikut bela negara.

Dia menegaskan TNI ikut membantu mewujudkan program tersebut terealisasi sesuai amanat Pasal 30 UUD 1945.

Menurut Mulyono, caranya dengan memberikan pemahaman, edukasi, dan sosialisasi kepada masyarakat. TNI juga menggandeng seluruh unsur untuk memberikan pemahaman tersebut salah satunya akademisi.

“Kita jalin hubungan dengan semua, kalangan akademisi, perusahaan, gandeng semua masyarakat untuk bersama–sama bela negara. Seperti seminar di kampus–kampus,” ungkapnya usai berbicara dalam Seminar Nasional bertema Mewujudkan Sishanta yang Tangguh Melalui Penguatan Peran Binter TNI AD dalam Membantu Menyiapkan Kekuatan Pertahanan Negara di Kampus UI Depok, Kamis (15/10/2015).

Dia menegaskan bela negara harus dilihat secara menyeluruh bukan berarti hanya bicara soal perang.

Akan tetapi, kata dia, bagaimana secara bersama–sama mempertahankan kedaulatan negara terhadap ancaman yang ada.

“Bela negara tak perang saja, tetapi membangun karakter dan jiwa nasionalisme, agar dipahami, bicara bela negara bukan saja soal angkat senjata dan perang pemahamannya harus lebih jelas,” ungkapnya. (Baca: Lima Catatan untuk Pemerintah Soal Wacana Bela Negara)

Salah satunya, yakni memberdayakan kesatuan TNI yang ada di wilayah terbawah di masyarakat. Di antaranya Kodam, Kodim, Korem, hingga Koramil dan Babinsa ikut mewujudkan pertahanan negara.

“Koramil Kodim dan satuan kewilayahan sesuai amanah UU. Demi menjaga keutuhan tanah air dengan 250 juta masyarakat tentu bisa ditanyakan perlu enggak keberadaan Kodim dan Koramil jawabannya saya yakin masih dibutuhkan,” katanya.


PILIHAN:


Fraksi Gerindra Beri Rapor Merah ke Jokowi-JK
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8539 seconds (0.1#10.140)