Pemerintah Dorong Negara Jazirah Arab Lindungi WNI

Jum'at, 11 September 2015 - 16:22 WIB
Pemerintah Dorong Negara...
Pemerintah Dorong Negara Jazirah Arab Lindungi WNI
A A A
JAKARTA - Pemerintah Indonesia akan mendorong Arab Saudi, Persatuan Emirat Arab (PEA), dan Qatar terus memberikan perhatian dan perlindungan bagi Warga Negara Indonesia (WNI) dan pekerja Indonesia di negara-negara tersebut.

Perhatian dan perlindungan WNI menjadi salah satu tujuan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta rombongan ke tiga negara wilayah Timur Tengah itu.

Presiden Jokowi mengatakan, jumlah WNI di tiga negara tersebut mencapai lebih dari 1,4 juta orang. Sebagian besar WNI di sana merupakan tenaga kerja di sektor informal yang memberikan kontribusi besar, tidak saja kepada perekonomian ketiga negara tersebut, namun juga bagi Indonesia.

"Oleh karena itu, isu perlindungan WNI juga akan mendapat fokus dalam kunjungan kenegaraan ini," kata Jokowi dalam jumpa pers di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur, Jumat (11/9/2015).

Selain itu, rencananya, Presiden Jokowi akan menandatangani sejumlah kesepakatan dalam kunjungan ke Timur Tengah ini. Kunjungan kerja itu berlangsung sejak hari ini hingga 15 September nanti.

Penandatanganan kesepakatan itu antara lain, perjanjian bebas visa bagi pemegang paspor diplomatik, dinas, dan khusus antara Indonesia dan Qatar, perjanjian Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang antara Indonesia dan PEA. Serta deklarasi Kehendak Pembentukan Kerja sama Strategis antara Indonesia dan Gulf Cooperation Council.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2851 seconds (0.1#10.140)