HT Dukung Bandung Wujudkan Smart City

Jum'at, 11 September 2015 - 10:56 WIB
HT Dukung Bandung Wujudkan Smart City
HT Dukung Bandung Wujudkan Smart City
A A A
JAKARTA - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengajak peran serta MNC Group untuk berpartisipasi membangun Bandung. Ridwan meminta dukungan CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT), terutama dalam pengembangan ekonomi kreatif.

Ridwan mengatakan, dukungan MNC sangat dibutuhkan karena Bandung selama ini fokus pada pengembangan ekonomi kreatif. Menurutnya, kerja sama tersebut akan saling menguntungkan kedua pihak karena Bandung mempunyai sumber daya manusia (SDM) dengan kemampuan kreatif yang berlimpah.

”MNC Group ini kan punya spektrum bisnis media yang berhubungan dengan ekonomi kreatif yang luar biasa. Kami menawarkan untuk membangunekonomiitudiBandung. Jika butuh SDM animator-animator, MNC Group bisa merekrutdari anak-anakBandung,” ujarnya seusai bertemu dengan HT di Gedung MNC Tower, Jakarta, kemarin.

Menurut Ridwan, kerja sama tersebut tidak hanya berbentuk investasi jangka panjang. Selain mengajak MNC membangun kantor cabang di Bandung, Ridwan juga menawarkan MNC Group untuk membangun universitas di bidang kreatif dan teknologi. ”Kami harapkan sejalan dengan visi MNC Group yang memang arahnya ke sana. Ditambah Bandung jaraknya dekat dengan Jakarta dan anak muda Bandung terkenal kreatif,” imbuh wali kota yang akrab dengan sapaan Kang Emil tersebut.

Ridwan Kamil berharap dengan dukungan MNC Group Bandung juga bisa menjelma menjadi kota maju dengan konsep smart city. Untuk kerja sama ini, dia menawarkan konsep kerja sama pemerintah dengan swasta atau public-private partnership (PPP). Dengan model kerja sama tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bisa membangun kota melalui dana investasi yang diperoleh dari pihak swasta.

”Jadi membangun kota dengan uang swasta, tapi pemkot bisa mencicil dana tersebut selama 25-30 tahun sehingga cash flow APBD kami bisa terjaga dengan cicilan jangka panjang,” tuturnya. Dia berharap, dengan pola tersebut, percepatan pembangunan Kota Bandung akan terealisasi. Selain itu pertumbuhan ekonomi di Bandung juga akan terdorong dengan gencarnya pembangunan kota. Ridwan menilai HT yang berpengalaman panjang di dunia bisnis memiliki kapasitas untuk membantunya.

”Ekonomi bergerak karena spending -nya dilakukan oleh swasta. Nah, kelasnya Pak HT ini yang bisa memberikan nasihat kepada kami, bisa enggak logika membangun Indonesia dengan cara seperti ini berlangsung dan dimulai dari Bandung,” ujarnya. Pada kesempatan tersebut HT menyatakan kesiapan MNC Group untuk ikut berpartisipasi membangun Kota Bandung, termasuk siap membuka kantor produksi animasi.

”Kami siap bekerja sama karena memang Bandung memiliki banyak anak muda atau mahasiswa yang cocok dan kami perlukan untuk animasi. Jadi kami sepakat akan mendirikan kantor di sana yang akan difasilitasi Pak Wali Kota,” ucap HT. HT mengaku akan segera merealisasi rencana tersebut. Bukan hal yang sulit karena MNC Group sudah memiliki lahan yang siap bangun di Bandung.

”Kami juga mendukung rencana Pak Wali Kota untuk mengembangkan smart city. Kami akan coba ikut berpartisipasi bagaimana membangun Bandung. Bagaimanapun MNC ini punya tanggung jawab di dunia ekonomi kreatif,” papar HT.

Bakti m munir/ m ridwan/okezone
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7175 seconds (0.1#10.140)