Sarapan dengan Menu Roti Tamis

Minggu, 06 September 2015 - 17:13 WIB
Sarapan dengan Menu Roti Tamis
Sarapan dengan Menu Roti Tamis
A A A
JEDDAH - Makanan menjadi kebutuhan utama bagi jamaah haji. Sebelum dan setelah melaksanakan aktivitas, biasanya perut akan terasa lapar.

Ada beberapa jenis menu makanan yang bisa disantap dengan harga yang terjangkau. Jika nasi sudah didapat, maka bisa mencari makanan lain. Salah satunya berupa roti tamis, yang merupakan menu sarapan pagi warga Arab Saudi.

“Jamaah bisa makan roti ini untuk sarapan. Karena bahannya dari gandum, maka cocok untuk pengganti nasi,” kata Kasubdit Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPIH) daerah kerja (Daker) Bandara Jeddah-Madinah Agus Hidayat kepada SINDO di Jeddah, Minggu (6/9/2015).

Satu loyang roti tamis bisa disantap untuk empat orang. Harganya pun relatif murah, yakni sekitar 2 riyal per loyang. Roti ini mudah didapatkan di sejumlah warung atau toko di sekitar pemondokan jamaah haji di Mekkah maupun Medinah.

Bentuknya pipih dengan diameter sekitar 30 cm. Roti yang cara masaknya dibakar ini umumnya diberi adonan bumbu yang namanya ful. Nah, bumbu ini merupakan olahan kacang merah yang dihaluskan dan diberi bubuk kamon (sejenis jinten) dan minyak zaitun.

"Karena berasal dari gandum maka roti tamis bisa menambah energi jamaah saat akan beraktivias di pagi hari," ucap Agus.

PILIHAN:

Demokrat: Seyogyanya PAN Berkonsultasi dengan KMP

Soal Pencopotan Buwas, Demokrat Dorong DPR Gunakan Hak Bertanya
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4366 seconds (0.1#10.140)