Jadi Jamaah Pintar untuk Raih Haji Mabrur

Minggu, 06 September 2015 - 09:56 WIB
Jadi Jamaah Pintar untuk Raih Haji Mabrur
Jadi Jamaah Pintar untuk Raih Haji Mabrur
A A A
MAKASSAR - Menunaikan ibadah haji adalah cita-cita setiap muslim. Ketika panggilan Allah itu datang kepada mereka yang mampu melaksanakan, sudah barang tentu banyak hal yang dipersiapkan.

Ibadah haji tidak saja melibatkan keimanan, tetapi juga persiapan fisik memadai. Inilah yang sering dilupakan banyak calon jamaah. ”Salah satunya menjaga kesehatan. Banyak jamaah haji yang tidak menyadari perihal ini. Padahal menjaga kesehatan sangat penting karena akan terkait langsung dengan kelancaran dan kekhusyukan ibadah haji di Tanah Suci itu,” ujar Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Selatan Abdul Wahid Thahir dalam DialogHaji SINDOWEEKLY di Embarkasi Haji Makasar kemarin.

Diskusi ini bekerja sama dengan Kemenag, Kementerian Kesehatan, dan MasterCard. Abdul Wahid menekankan, hal lain yang perlu diperhatikan adalah manajemen keuangan. Terkait itu, dia meminta seluruh jamaah haji agar menjadi jamaah pintar, yakni jamaah haji yang senantiasa mawas diri setiap saat. D

engan kata lain, jamaah wajib mengikuti peraturan yang diberikan petugas haji, melaksanakan ibadah sesuai syariahnya, tetap menjaga kesehatan, serta sabar dan ikhlas. ”Apabila itu semua dilakukan, (predikat) haji mabrur insya Allah akan diraih para jamaah haji,” ujarnya.

Kepala Bidang Peningkatan Kesehatan Haji (Kabid Haji) Kementerian Kesehatan Tjetjep Ali Akbar mengatakan, sejak awal 2015, Kementerian Kesehatan telah berupaya memastikan kesehatan para jamaah demi meminimalkan risiko sakit saat di Tanah Haram.

Sementara itu Vice President MasterCard Indonesia Tommy Singgih mengatakan, untuk melayani jamaah haji, pada Januari 2015 MasterCard telah meluncurkan Kartu Haji dan Umrah Indonesia yang memberikan banyak manfaat dan kenyamanan bagi jamaah selama di Tanah Suci maupun keperluan sehari- hari di Tanah Air.

Untuk kartu haji dan umrah Indonesia ini, sementara ini baru BNI Syariah yang menerbitkan. Kartu tersebut berfungsi sebagai kartu ATM dan sebagai kartu belanja yang diterima di semua ATMdan merchant berlogo Master- Card di seluruh dunia.

Iwan
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6343 seconds (0.1#10.140)