Jamaah Gelombang II Masuk Mekkah

Sabtu, 05 September 2015 - 09:27 WIB
Jamaah Gelombang II Masuk Mekkah
Jamaah Gelombang II Masuk Mekkah
A A A
JEDDAH - Sebanyak 446 jamaah haji asal Indramayu, Jawa Barat kemarin pagi tiba Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi.

Rombongan yang naik pesawat Saudi Arabian Airlines mendarat pukul 04.35 waktu Arab Saudi (WAS). Setelah melewati pemeriksaan buku kesehatan, imigrasi, dan bea cukai, jamaah disambut puluhan petugas dari Panitia Penyelenggara Haji Indonesia (PPHI) Arab Saudi. Mereka selanjutnya diarahkan ke Plasa Indonesia untuk mandi, memakai baju ihram, memasang niat dan salat sunah umrah (miqot ).

Pantauan KORAN SINDO , jamaah melakukan miqot di area G19 dan di ruang tungguE3. Secara bergantian mereka mandi dan pakai baju ihram di kamar mandi yang banyak tersedia. ”Bagi yang sudah selesai silakan salat sunah di tempat salat yang berada pojok, dekat kantor sektor,” kata Pelaksana Perlindungan Jamaah Daker Bandara Jeddah- Madinah, Jajang Sukendar.

Jasniah, jamaah asal Indramayu, Jawa Barat, tak bisa menyembunyikan kebahagiaannya bisa menginjakkan kaki di Tanah Suci. Dikatakan dia, perjalanan dari Tanah Air sampai ke Arab Saudi berjalan tanpa hambatan. ”Alhamdulilah, semuanya lancar. Di pesawat dapat dua kali makan dan sekali snack ,” tuturnya. Jamaah asal Indramayu lainnya, Nono Taryono menuturkan, banyak petugas yang mengarahkan mereka saat keluar dari pos pemeriksaan di dalam bandara.

”Untuk prosesi miqot dan umrah, kami sudah mendapatkan pelatihan dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) sebelumnya,” ucapnya. Setelah mandi dan berbaju ihram, jamaah dikumpulkan dalam 10 barisan dan diberi pengarahan oleh Konsul Jenderal (Konjen) RI di Jeddah Darmakitri Syailendra dan Kepala Daerah Kerja (Daker) Bandara Jeddah-Madinah, Nurul Badruttamam.

”Penyambutan jamaah berlangsung lancar. Beberapa jamaah yang naik kursi roda kami bantu mandi dan memakaikan kain ihram,” ujar Nurul. Jamaah yang dibagi dalam 10 rombongan kemudian naik bus Ummul Quro. Sebagian koper jamaah ditempatkan di atas bus. Koper lainnya ditaruh di bagasi bersama kursi roda.

Di dalam bus, jamaah diberi makan, air mineral dalam botol serta buah oleh perusahaan katering yang dikontrak PPIH. Sekitar pukul 07.50 waktu setempat, bus mulai berangkat dari pelataran bandara menuju Mekkah yang ditempuh selama sekitar dua jam.

Sunu hastoro f F /MCH
Madinah
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4897 seconds (0.1#10.140)