BEM-KM UGM Kembali Gelar Pelatihan Pemimpin Bangsa

Jum'at, 04 September 2015 - 08:44 WIB
BEM-KM UGM Kembali Gelar Pelatihan Pemimpin Bangsa
BEM-KM UGM Kembali Gelar Pelatihan Pemimpin Bangsa
A A A
YOGYAKARTA - Badan Eksekutif Mahasiswa-Keluarga Mahasiswa (BEM-KM) UGM akan kembali menggelar Pelatihan Pemimpin Bangsa (PPB) pada 27 Oktober 2015.

Program pelatihan kepemimpinan berskala nasional ini akan mengundang 150 mahasiswa terbaik dari seluruh Indonesia. ”PPB ini adalah salah satu program kerja BEM-KM UGM yang sudah dilakukan sejak 2007. Tahun ini PBB sudah memasuki pelaksanaan yang kesembilan setelah sebelumnya diadakan pada Agustus 2014.

Kegiatan ini bertujuan bersama- sama para mahasiswa terbaik se-Indonesia untuk mengoptimalkan potensi kepemimpinan dan mengakselerasi potensi bibit unggul muda,” ujar Koordinator Humas PPB #9 BEM-KM UGM Abdullah Faqih kemarin. Faqih menuturkan, pelaksanaan PPB tahun ini akan mengangkat tema ”Integrasi Pemuda dalam Merespons Perubahan Sosial”.

Untuk itu, kegiatan ini ditujukan bagi mahasiswa Indonesia yang peduli terhadap fenomena ekonomi/ politik/budaya/sosial masyarakat sekitar mereka. Undangan bagi para peserta akan melalui proses pendaftaran dan seleksi. Proses pendaftaran sendiri dilakukan dengan mengisi formulir pendaftaran yang dapat diunduh di situsppbindonesia.org.

”Pendaftaran terbuka untuk mahasiswa manapun, dengan syarat, pendaftar harus mahasiswa diploma/ sarjana aktif dari PTN/PTS/PTK di seluruh Indonesia yang dibuktikan dengan kartu tanda mahasiswa (KTM). Pendaftar juga harus aktif mengikuti organisasi/komunitas dengan jabatan apa pun dan jenis organisasi atau komunitas apa pun yang dibuktikan dengan surat keterangan aktif dari ketua organisasi/komunitas masing-masing,” ungkapnya.

Faqih menuturkan, tidak hanya melakukan pendaftaran sebelum 7 September 2015, calon peserta PPB #9 diharuskan membuat sebuah esai dengan pilihan tema, yakni Eksistensi Ideologi Pancasila, Aktivis: Antara Idealisme dan Realitas, Refleksi Peranan Negara dalam Kehidupan, Aku: Pemimpin Muda Berjiwa Indonesia atau Pemuda: Kepemimpinan dan Integrasi Nasional.

”Calon peserta boleh memilih salah satu dari tema yang ada untuk dijadikan tema esai. Selain itu, calon peserta harus membuat resume buku dengan tema Integrasi Pemuda atau Keindonesiaan atau Kepemimpinan Pemuda atau Ideologi Pancasila atau Problematika Sosial atau Aktivisme Mahasiswa dari sejumlah buku yang telah direkomendasikan dalam website,” tuturnya.

Calon peserta PPB #9 juga akan dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp350.000 setelah dinyatakan lolos sebagai peserta. Jadwal pengumuman kepesertaan akan dilakukan pada 14 September 2015. Registrasi ulang akan dibuka pada 17-24 September 2015.

Ratih keswara
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1802 seconds (0.1#10.140)