Fasilitas Hotel Penuhi Kebutuhan Jamaah

Rabu, 02 September 2015 - 09:41 WIB
Fasilitas Hotel Penuhi...
Fasilitas Hotel Penuhi Kebutuhan Jamaah
A A A
MEKKAH - Pemondokan jamaah haji selama tinggal di Mekkah berada di 112 hotel dengan berbagai peralatan modern. Jamaah sudah disediakan berbagai fasilitas pendukung seperti dispenser air, mesin cuci, dan penyejuk ruangan (AC) hingga tempat jemuran.

Bermacam latar belakang jamaah menginap di pemondokan. Terkadang beberapa jamaah tak terbiasa dengan fasilitas hotel. Seperti yang dialami Siti Halimah, 60, yang kebingungan dan sedih saat tak bisa masuk ke kamarnya. Saat ditanya, dia mengaku lupa mengambil kunci kamar saat keluar kamar di lantai 2 Hotel Syisya, Syisya, Mekkah. ”Aku tak bisa masuk.

Minta tolong dibukakan ya,” pinta jamaah dari kelompok terbang (kloter) 1 Ujungpandang (UPG) 1 itu. Salah seorang petugas dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji(PPIH) ArabSaudilangsung menghubungi resepsionis untuk meminta kunci duplikat. Petugas hotel selanjutnya menggesek kartu yang dibawanya untuk membuka pintu. ”Terima kasih ya,” ujar Halimah lega.

Dia juga mengaku kebingungan saat akan memasak nasi dengan rice cooker. ”Alat masak di sini colokannya tiga. Kalau di Indonesia kan dua. Saya jadi bingung nyolokinnya ,” kata perempuan keturunan Jawa Tengah yang berprofesi sebagai penjual nasi kuning ini. Pengakuan berbeda muncul dari Laupe, 80, jamaah haji asal Makassar yang mengeluh tak bisa masak di kamar.

Padahal, pemerintah hanya memberi 15 kali makan berat saat makan siang. Untuk makan pagi dan siang, jamaah harus berusaha sendiri dengan membeli di kafetaria atau toko-toko di sekitar hotel. ”Di Madinah saja, kami masih memasak,” ujar dia. Sementara jamaah asal Makassar lainnya, Asriani binti Mansyur, 33, mengaku cukup puas dengan layanan hotel yang disewa pemerintah Indonesia.

Namun, dia mengeluhkan lokasinya yang lumayan jauh dari Masjidilharam. ”Kami memang sudah disediakan bus, sopirnya juga enak. Tapi saya lebih suka wisma yang jelek, dekat dan bisa masak,” akunya.

Sunu hastoro/mch
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0679 seconds (0.1#10.140)