Masuk Mekkah, Jamaah Haji Langsung Umrah

Selasa, 01 September 2015 - 02:33 WIB
Masuk Mekkah, Jamaah Haji Langsung Umrah
Masuk Mekkah, Jamaah Haji Langsung Umrah
A A A
MEKKAH - Begitu tiba di Mekkah, rombongan jamaah haji Indonesia gelombang pertama langsung melakukan umrah, Senin (31/8/2015). Jamaah yang sejak dari Madinah telah mengenakan kain ihram itu seusai datang ke pemondokan langsung bergerak ke Masjidil Haram.

Sebagian jamaah yang mendapat lokasi dekat dengan Masjidil Haram memilih jalan kaki untuk melaksanakan umrah qudum berupa tawaf dan sa'i. Jamaah datang silih berganti ke Baitullah mulai malam hingga subuh, kemarin. Kelompok jamaah tersebut berasal dari berbagai daerah seperti Makassar, Medan, Cilacap, Lombok, Samarinda, dan Tasikmalaya.

Tiba di Baitullah, mereka berbaur dengan ratusan ribu jamaah lainya melakukan tawaf dengan memutari Kakbah selama tujuh kali yang dimulai dan diakhiri dari rukun Hajar Aswad. Selanjutnya, jamaah bergeser untuk melakukan sa'i yakni berjalan kaki disertai lari kecil dari bukit Shafa ke Marwah bolak-balik selama tujuh kali. Prosesi umrah diakhiri dengan tahalul atau mencukur rambut.

Meskipun sudah diimbau agar tidak terlepas dari rombongan, ada saja jamaah yang terlepas karena saking banyaknya jamaah melakukan tawaf. Begitu terlepas, mereka kebingungan. Petugas yang menemukannya kemudian mengantarkan kembali ke rombongannya atau ke pemondokan.

Seperti dialami Abdul Rasyid, jamaah dari Makassar yang terpisah dari rombongan seusai tawaf dan hendak melakukan prosesi sa'i.

"Akhirnya dua orang petugas haji Indonesia menemaninya sa'i. Saat sa'i ternyata malah bisa ketemu lagi dengan rombongannya," kata Ratna, salah satu petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7035 seconds (0.1#10.140)