Tangan Bionik Hadir dengan Harga Terjangkau

Minggu, 30 Agustus 2015 - 11:41 WIB
Tangan Bionik Hadir dengan Harga Terjangkau
Tangan Bionik Hadir dengan Harga Terjangkau
A A A
Tangan robot yang dicetak dengan printer tiga dimensi (3D) dapat dibuat lebih cepat dan lebih murah. Inovasi inilah yang membuat Joel Gibbard, 26, memenangkan penghargaan James Dyson Award di Inggris tahun ini.

Pencipta proyek Open Bionics itu menjelaskan, dia dapat membuat tangan bionik dalam waktu kurang dari dua hari. Jika dibandingkan produk yang saat ini telah beredar di pasar, biasanya tangan robot dibuat selama beberapa pekan atau bulan. Gibbard berencana menjual tangan robot ini mulai tahun depan.

”Kami memiliki alat dengan harga yang terjangkau dan sangat canggih,” ucap Gibbard, dikutip BBC. ”Pada saat yang sama alat ini sangat ringan dan dapat dipesan sesuai ukuran setiap orang. Pada dasarnya tangan ini berbahan dasar dari rangka dilapisi kulit pada bagian atas. Kita dapat memberikan nuansa berbeda pada kulitnya dan kita dapat menambah pola lain. Kita dapat mengubah desain dan gayanya.

Terdapat banyak fleksibilitas dengan alat ini,” ujar Gibbard. Gibbard yang mempelajari ilmu tentang robot di Universitas Plymouth, Inggris, dan lulus pada 2011 itu menawarkan produknya dengan harga 2.000 poundsterling (sekitar Rp 44,2 juta).Harga itu sudah termasuk biaya pemasangan.

Meskipun harga tangan buatan yang dilengkapi kait dapat dibeli dengan harga yang sama, produk dengan jari-jari yang dapat dikontrol biasanya dijual antara 20.000 poundsterling (Rp442,5 juta) dan 60.000 poundsterling (Rp1,3 miliar). Harga itu terlalu mahal bagi anak-anak, yang biasanya perlumengganti tangan buatan sekali atau dua kali setiap tahun seiring pertumbuhan badannya.

Tangan bionic inimengandalkan sinyal myoelectric, artinya setiap gerakan otot akan terdeteksi melalui sensor yang tertanam di bawahkulitpemakainya. Sinyalinijuga membantu mengontrol kuat tidaknya cengkeraman tangan bionik. Karena memenangkan penghargaan James Dyson Award, Gibbard mendapat hadiah 2.220 poundsterling (Rp49,1 juta). Dia juga berkesempatan mengikuti kompetisi internasional dengan hadiah USD45.000.

Arvin
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3920 seconds (0.1#10.140)