Mendukung Kemajuan Bangsa melalui Pengembangan SDM

Rabu, 19 Agustus 2015 - 08:31 WIB
Mendukung Kemajuan Bangsa melalui Pengembangan SDM
Mendukung Kemajuan Bangsa melalui Pengembangan SDM
A A A
Melalui program-program pengembangan sumber daya manusia yang dilaksanakan dengan moto ”UNLIMIT YOURSELF @ SAMPOERNA, A Member of the Philip Morris International family” , Sampoerna memberi kesempatan yang tidak terbatas bagi para peserta untuk terus berkarya dan berkembang melalui berbagai program yang dirancang secara profesional.

Sebuah dedikasi untuk pengembangan sumber daya manusia, para penyokong pertumbuhan bangsa.

Mendukung pernyataan tersebut, PT HM Sampoerna Tbk (Sampoerna) percaya bahwa aset terbesar dari suatu perusahaan adalah sumber daya manusia. Bahkan pengetahuan, kecakapan khusus, serta perilaku yang baik dari para karyawan menjadi aspek utama dari kesuksesan perusahaan tersebut, yang kemudian dituangkan dalam filosofi ”Tiga Tangan” perusahaan. Wujud dari komitmen Sampoerna adalah melalui pemberian dukungan berupa lingkungan kerja yang terbuka, menantang, dan adil untuk para karyawannya dan kompensasi yang kompetitif.

Menurut Sampoerna, ihwal tersebut memberi kesempatan yang tidak terbatas bagi para karyawannya baik untuk terus berkarya ataupun untuk tumbuh bersama Sampoerna dengan memanfaatkan programprogram pengembangan karyawan yang dirancang secara profesional.

”Program pengembangan karyawan Sampoerna dianalogikan seperti tanaman. Kami mengawalinya dengan melaksanakan program pengembangan karyawan sejak proses rekrutmen, yang kami gambarkan sebagai tunas pohon. Selanjutnya, kami memberikan program pengembangan karier yang tidak terbatas sebagai bentuk investasi Sampoerna terhadap karyawan hingga pohon tersebut tumbuh dan menghasilkan buah yang dapat dipanen,” kata Human Resources Director Sampoerna Mimi Kurniawan.

Program pengembangan karyawan di Sampoerna tidak hanya berfokus kepada pelatihan-pelatihan online atau di dalam kelas, tetapi juga memberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam proyekproyek tertentu yang disesuaikan dengan aspirasi dan potensi dari para karyawan. Sampoerna juga memberikan kesempatan bagi karyawan untuk melakukan perpindahan lintas fungsi dan lintas afiliasi baik domestik maupun internasional sesuai dengan aspirasi mereka dan kebutuhan bisnis.

Sebagai bagian dari afiliasi Philip Morris International Inc (PMI), Sampoerna menyediakan kesempatan bagi para karyawannya untuk dapat bekerja di afiliasi PMI di berbagai negara melalui program International Assignment baik untuk skema penempatan sementara (short-term assignment ) maupun jangka panjang (longterm assignment ).

Arah besar dari skema ini adalah memperluas perspektif karyawan dan memberi kesempatan bagi karyawan untuk belajar di fungsi maupun negara yang berbeda. ”Pada 2014 terdapat 116 karyawan Sampoerna yang menjalani penugasan lintas fungsi. Sampai Mei 2015 terdapat 48 karyawan Sampoerna yang kami kirimkan ke beberapa negara seperti Hong Kong, Thailand, Filipina, Swiss, dan Australia,” sebut Mimi Kurniawan.

Guna menunjang keberlanjutan pengembangan sumber daya manusia, Sampoerna tidak hanya ingin memastikan bahwa pengembangan kemampuan difokuskan kepada karyawan, tetapi juga kepada para calon karyawan dan pada talenta berpotensi yang akan berkontribusi secara signifikantidakhanyabagi perusahaan, namun juga bagi negara secara umum. Sejak 2014 Sampoerna telah melaksanakan program magang bertajuk ”INKOMPASS”.

Program ini untuk memberikan para peserta kesempatan untuk mengenal dunia kerja, sekaligus terlibat dalam program pengembangan karier Sampoerna. Program ini diperuntukkan bagi mahasiswa semester empat dari program kuliah empat tahun. Para peserta yang lolos seleksi diberikan kesempatan untuk terjun langsung ke dalam pekerjaan dan beberapa proyek tertentu dalam kurun waktu 6-8 minggu.

Antusiasme para peserta mahasiswa untuk terlibat dalam program ini terbilang sangat tinggi. Hal ini terbukti dengan terseleksinya 4.122 aplikasi dari berbagai universitas terbaik menjadi 39 peserta terbaik pada 2015 - 2016yangpada akhirnyamenjadibagian dari program INKOMPASS. Ini merupakan peningkatan dibandingkan pada 2014 - 2015 yang mencatatkan 1.308 aplikasi dan 27 peserta yang lolos seleksi.

Para peserta INKOMPASS kemudian akan mengikuti kompetisi internal, di mana peserta terpilih akan mendapatkan kesempatan untuk melakukan presentasi di kantor regional PMI di Hong Kong. Bagi para lulusanbaru, Sampoerna memiliki program pembinaan khusus yaitu Graduate Trainee (GT) Program. GT Program adalah program perekrutanpara lulusanbaruuntukditempatkan pada beberapa fungsi pekerjaan yang bertujuan untuk memperluas perspektif mereka di masa-masa awal perjalanan karier mereka.

Para pesertaGTakanmelaksanakanpekerjaandi fungsi yang sudah ditentukan dan mendapatkan kesempatan untuk bekerja di fungsi lainnya selama beberapa bulan guna memperkaya wawasan tentang perusahaan. Program yang telah dilaksanakan selama berpuluh-puluh tahun ini sangat diminati para lulusan baru. Pada 2014 terdapat 7.136 aplikasi yang mencoba untuk berpartisipasi dalam program ini. Pada tahun yang sama sebanyak 64 orang GT memulai perjalanan karier mereka di Sampoerna.

Pada 2015 sejauh ini jumlah peserta yang sama sudah direkrut dan program rekrutmen GT masih berjalan hingga saat ini. ” Sampoerna terus berkomitmen untuk membina aset terbesarnya yaitu para karyawan kami. Di Sampoerna tidak ada batas untuk terus berkembang dan belajar. Karyawan difasilitasi untuk menyuarakan aspirasi dan mendapatkan pelatihan. Learn the skills that open doors to the career that you want ,” tutup Mimi.[*/info]
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7187 seconds (0.1#10.140)