Menyiapkan Calon Jurnalis Andal

Minggu, 16 Agustus 2015 - 09:18 WIB
Menyiapkan Calon Jurnalis Andal
Menyiapkan Calon Jurnalis Andal
A A A
CIANJUR - Minat generasi muda untuk terjun ke dunia jurnalistik makin tinggi. Merespons hal tersebut, KORAN SINDO mengadakan acara Gensindo Journalism Camp, sebuah pelatihan jurnalistik yang diperuntukkan bagi mahasiswa.

Pelatihan yang diselenggarakan pada 13-15 Agustus di Cianjur, Jawa Barat, ini diikuti 50 peserta dari berbagai komunitas, di antaranya pers mahasiswa, Gensindo dan GenBI (komunitas penerima beasiswa Bank Indonesia) yang berasal dari berbagai kampus seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung.

Ketua pelaksana Gensindo Journalism Camp Wiendy Hapsari mengatakan, pelatihan ini sifatnya lebih santai di mana peserta menerima materi yang disampaikan dengan gaya yang santai pula. “Kami tidak hanya memberikan materi, tapi juga menekankan pada praktik,” ungkapnya di Cianjur kemarin. Wiendy menuturkan, sebelumnya KORAN SINDO telah melakukan pelatihan serupa, tetapi dengan waktu yang lebih pendek. Pelatihan dengan bentuk seperti sekarang ini, yakni denganmengumpulkanpeserta dalam sebuah kamp, adalah yang pertama.

Menurutnya, ke depannya acara hasil kerja sama KORAN SINDO dengan Bank Indonesia (BI) dan PT Indofood Sukses Makmur Tbk ini akan melibatkan komunitas yang lebih luas, yakni dari seluruh Indonesia. Deputi Direktur Departemen Komunikasi BI Andiwiana Septonarwanto mengapresiasi kepedulian KORAN SINDO terhadap pengembangan bakat generasi muda. Hal ini dinilai sesuai dengan program BI yang juga menyiapkan generasi muda agar siap menjawab tantangan ekonomi ke depan.

“Ini sebuah inisiatif yang sangat baik dan perlu kita apresiasi,” ujar Andi kemarin. Ke depan Andi berharap pelatihan seperti ini lebih dikembangkan lagi dengan merangkul para penyelenggara beasiswa dari berbagai lembaga sehingga para peserta juga lebih termotivasi lagi. Salah seorang peserta Gensindo Journalism Camp Elsa Prisma mengaku mendapat banyak wawasan baru di bidang jurnalistik.

“Kami banyak mendapat ilmu, selain juga teman-teman baru serta jaringan baru. Kami juga mendapat banyak informasi tentang beasiswa,” papar mahasiswa Fakultas Kedokteran Undip ini.

Hasyim ashari
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5128 seconds (0.1#10.140)