Pembangunan Daerah Dinilai Bisa Jadikan Indonesia Kuat

Sabtu, 15 Agustus 2015 - 15:13 WIB
Pembangunan Daerah Dinilai...
Pembangunan Daerah Dinilai Bisa Jadikan Indonesia Kuat
A A A
JAKARTA - Pengamat Politik Populi Center Nico Harjanto menilai pemerintah Indonesia bisa semakin kuat apabila juga didukung dengan pembangunan pemerintah daerah yang kuat.

"Ke depan ketika kita udah buka proses politik pemerintahan mau tidak mau makin mengarah ke sentralistik bukan desentralisasi. Mengoptimalkan pemerintahan pusat kepada pemerintah daerah," ujar Nico saat diskusi bertajuk 'Membaca 70 Tahun Indonesia' di di Menteng, Jakarta Pusat‎, Sabtu (15/8/2015).

Kata Nico, pola ini harus terus dikembangkan lantaran evolusi Indonesia yang kian dinamis sejak awal kemerdekaan. Hal ini dituangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Rancangan Anggaran Perencanaan Belanja Negara (RAPBN) yang diberi porsi besar bagi daerah.

Namun, Nico menilai, pola demokratisasi yang dianut Indonesia sekarang menjadikan pola desentralisasi atau pemusatan pembangunan diserahkan kepada pemerintah daerah (Pemda) menjadi sulit.

Sehingga, persatuan antar daerah akan menjadi kekuatan tersendiri terwujudnya pemerintah yang kuat. "Jadi kelola pembangunan yang diutamakan di daerah akan kuatkan Indonesia," pungkasnya.

PILIHAN:
Penjelasan JK Soal Jokowi Batal Teken Prasasti Kompleks DPR

Ini Alasan Gus Mus Mundur dari Rois Aam PBNU
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2599 seconds (0.1#10.140)