Presiden Instruksikan Luhut Rangkap Jabatan

Kamis, 13 Agustus 2015 - 08:59 WIB
Presiden Instruksikan Luhut Rangkap Jabatan
Presiden Instruksikan Luhut Rangkap Jabatan
A A A
JAKARTA - Luhut Binsar Pandjaitan dilantik menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam).

Hingga kemarin, Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum mengumumkan siapa yang akan ditunjuk menempati jabatan Kepala Staf Kepresidenan yang ditinggalkan Luhut. Namun, Staf Khusus Bidang Politik dan Media Kantor Staf Kepresidenan Atmaji Sumarkidjo mengatakan, Presiden Jokowi menginstruksikan kepada Luhut agar merangkap jabatan sebagai Menko Polhukam sekaligus Kepala Staf Kepresidenan.

”Yang ada hanya tambahan tugas pada Pak Luhut,” katanya kemarin. Dia menegaskan, tidak ada landasan hukum yang melarang soal rangkap jabatan tersebut. ”Itu sepenuhnya teritori Presiden untuk menentukan,” katanya. Dia menambahkan, Presiden juga tidak menyebutkan sampai kapan Luhut akan merangkap dua jabatan tersebut.

Luhut yang ditanya soal siapa yang akan menggantinya sebagai Kepala Staf Kepresidenan mengaku sama sekali tidak mengetahui. ”Tanya Presiden. Itu hak prerogatif Presiden,” katanya seusai pelantikan lima menteri dan Sekretaris Kabinet di Istana Negara Jakarta, kemarin.

Mengenai kemungkinan dia bakal merangkap jabatan, Luhut mengisyaratkan tidak keberatan jika hal tersebut terjadi. Namun, dia menegaskan bahwa jabatan itu bukan ditentukan atas keinginannya melainkan kewenangan penuh Presiden. ”Ya masa pengennya saya, tanya Presiden-lah. Pertimbangannya tanya saja Bapak Presiden,” ujarnya lagi.

Luhut yang dilantik menggantikan Tedjo Edhy Purdijatno mengaku baru diberitahu soal pelantikan dirinya pada pagi kemarin. Mengenai tugas barunya, dia mengaku akan banyak berkoordinasi dengan kementerian-kementerian yang ada di bawah Polhukam. ”Karena saya paham ekonomi tentunya akan saya kaitkan dengan ekonomi dan hukum,” ujarnya.

Sementara, acara serah terima jabatan Menko Polhukam dari Tedjo Edhy Purdijatno ke Luhut Pandjaitan rencananya digelar hari ini. Deputi VII Bidang Koordinasi Komunikasi, Informasi, dan Aparatur (Kominfotur) Kemenko Polhukam, Agus Barnas, mengatakan, sertijab akan digelar di ruang Nakula, Kantor Kemenko Polhukam.

Saat berlangsung pengumuman reshuffle kabinet siang kemarin, Tedjo tidak terlihat di Kantor Kemenko Polhukam. Informasi yang diperoleh, Tedjo memilih beristirahat di kediamannya di Kompleks Palem Kartika Nomor 6, Bambu Apus, Jakarta Timur.

Sucipto/ant
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9161 seconds (0.1#10.140)