Tol Cimanggis-Cibitung Segera Dibangun

Rabu, 12 Agustus 2015 - 09:10 WIB
Tol Cimanggis-Cibitung Segera Dibangun
Tol Cimanggis-Cibitung Segera Dibangun
A A A
DEPOK - Tol Cimanggis-Cibitung yang melintas empat wilayahakansegera dibangun. Tolsepanjang 26,225 kilometer ini menghubungkan Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Bekasi.

Tol ini merupakan bagian dari Jakarta Outer Ring Road (JORR). Pembangunan tol dimulai dari Cimanggis, Depok, denganbentuk interchange yang merupakan terusandari tolCinere-Jagorawi. Tol akan melintasi empat wilayah administratif yakni Kota Depok (700 meter), Kota Bekasi (3,8 kilometer), Kabupaten Bogor (7 kilometer), dan Kabupaten Bekasi (14,6 kilometer).

Depok masuk dalam pembangunan seksi I yang akan melintas di Kecamatan Cimanggis yaitu Kelurahan Harjamukti dan Kecamatan Tapos di Kelurahan Sukatani. Ada 23 bidang yang akan terkena proyek. Adapun, pembayaran diupayakan selesai akhir tahun ini. Dari 23 bidang tanah, baru 10 bidang yang telah dibayar.

Pejabat Pembuat Komitmen Pengadaan Tanah Kementerian Pekerjaan UmumdanPerumahanRakyat (PUPR) Nunu Nugraha mengatakan, tahun lalu sudah dianggarkan Rp428 miliar untuk pembebasan lahan. Namun, dari alokasi itu hanya Rp27,99 miliar yang terpakai untuk pembebasan.

”Sebanyak 10 bidang yang sudah dibayar seluas 9.929 meter persegi dari total 5,3 hektare luas lahan yang bakaldibebaskanuntuktolini,” kata Nunu kemarin. Sesuai rencana, pembebasan lahan di wilayah itu akan dilakukan pada Oktober mendatang. Pihaknya akan mengejar target pelunasan 100% pengadaan lahan hingga 31 Desember. Dengan demikian, pembangunan fisik bisa langsung dilakukan.

”Sampai Desember kegiatan sudah sampai di batas wilayah Depok. Lalu lanjut Bekasi,” ucapnya. Direktur PT Cimanggis-Cibitung Tollways Herwidiakto, selaku pengembang, ingin pembebasan lahan segera selesai agar mempercepat pembangunan dari segi teknik dan konstruksi. ”Begitu mulai pembayaran Oktober mendatang, kami juga akan mulai melakukan pemancangan dan pembuatan fast track ,” katanya.

R ratna purnama
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7280 seconds (0.1#10.140)