Mari Elka Dikukuhkan Jadi Guru Besar UI

Sabtu, 08 Agustus 2015 - 18:54 WIB
Mari Elka Dikukuhkan Jadi Guru Besar UI
Mari Elka Dikukuhkan Jadi Guru Besar UI
A A A
DEPOK - Mantan Menteri Perdagangan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Mari Elka Pangestu dikukuhkan menjadi Guru Besar Universitas Indonesia.

Mari Elka dikukuhkan menjadi Guru Besar Ekonomi Internasional Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI (FEB UI) ke-57 dan merupakan guru besar perempuan dari FEB UI yang ketujuh.

Sebelum pengukuhan, Mari membacakan pidato ilmiahnya yang berjudul Globalisasi, Kekuatan Ekonomi Baru dan Pembangunan Berkelanjutan: Implikasi bagi Indonesia.

Mari menyampaikan ekonomi kreatif adalah kekuatan baru ekonomi Indonesia untuk menjawab tantangan globalisasi dan mencapai pembangunan berkelanjutan.

Dia menguraikan tantangan global yang dihadapi Indonesia adalah melambatnya pertumbuhan ekonomi global selama 3-5 tahun ke depan.

Untuk itu, kata dia, Indonesia perlu diversifikasi ekspor dan memupuk sumber daya saing dan pertumbuhan baru.

"Indonesia memang memiliki keunggulan komparatif yang berbasis sumber daya alam maupun yang padat karya, namun jika hanya mengandalkan hal tersebut maka akan dengan mudah tertinggal," katanya.

Pada hari yang sama, Rektor UI Muhammad Anis mengukuhkan Amy Yayuk menjadi Guru Besar Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UI (FISIP UI) ke-24 dan merupakan guru besar perempuan dari FISIP UI ke-5.

Amy menyampaikan pidato pengukuhannya berjudul Meritokrasi dan Revolusi Mental: Fenomena Perubahan Birokrasi Pelayanan Publik di Indonesia.

PILIHAN:

Soal Calon Tunggal, Fadli: Ini Bukan Negara Nenek Moyang
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6703 seconds (0.1#10.140)