Hari Ini Peserta Pilih 13 Formatur

Rabu, 05 Agustus 2015 - 08:33 WIB
Hari Ini Peserta Pilih...
Hari Ini Peserta Pilih 13 Formatur
A A A
MAKASSAR - Pemilihan calon ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah periode 2015- 2020 akan berlangsung hari ini.

Dari 39 nama yang lolos pada sidang tanwir, peserta muktamar kembali akan memilih calon untuk menentukan 13 nama formatur atau ketua PP Muhammadiyah. Ketua Pemilihan Muktamar Muhammadiyah Dahlan Rais mengatakan, proses pemilihan hari ini dilakukan secara terbuka.

Pemungutan suara secara manual, sedangkan penghitungan menggunakan sistem elektronik. ”Penghitungan suara kita gunakan IT, menggunakan ecounting Muhammadiyah,” ucap Dahlan saat menggelar konferensi pers di Gedung Universitas Muhammadiyah (Unismuh), Makassar, tadi malam.

Dia menjelaskan, hingga tadi malam sudah tercatat 2.568 peserta pemilihan yang memiliki hak suara. Mereka telah diberikan tanda khusus yang menegaskan keikutsertaannya di rapat pleno III tersebut. ”Kita akan memanggil per wilayah secara urut lewat undian. Diawali pimpinan wilayah, kemudian ke tiap daerah,” jelas Dahlan.

Dia tidak menampik bahwa tensi persaingan antarcalon menjelang pemilihan semakin meningkat. Pendekatan dari sejumlah pihak untuk meloloskan kandidat yang diinginkannya juga mulai banyak terlihat. ”Saya kira bukan muktamar kali ini saja yang seperti itu, tapi sebelumnya juga terjadi. Kalau dibilang ada persaingan, ada, tapi tetap ada etika,” ujarnya.

Panitia Pusat Muktamar ke- 47 Muhammadiyah Ahmad Maruf mengatakan, sistem pemilihan hari ini menggunakan sistem paket. Peserta bebas memilih 13 nama sekaligus dari 39 nama yang diputuskan saat sidang tanwir.

”Peserta bisa menulis nama atau nomor urut kandidat,” kata Ahmad Maruf di Unismuh. Adapun posisi ketua umum PP Muhammadiyah periode 2015-2020 akan ditentukan melalui musyawarah mufakat yang dilakukan 13 formatur.

Kornas Fokal IMM Ajukan Nama Calon

Sementara itu, pengurus Koordinator Nasional (Kornas) Forum Keluarga Alumni Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (Fokal IMM) merekomendasikan 12 nama calon ketua yang dianggap pantas mengisi kepengurusan PP Muhammadiyah.

Ketua Hubungan Antarlembaga Kornas Fokal IMM Mamun Murod Al-Barbasy menjelaskan, berdasarkan hasil rapat nama yang disepakati tersebut yakni Abdul Mu’ti, Anwar Abbas, Haedar Nashir, Hajriyanto Y Thohari, Suyatno, Syafiq Mughni, Dahlan Rais, Muhadjir Effendy, Busyro Muqoddas, Yunahar Ilyas, Dadang Kahmad, dan Imam Addaruqutni. ”Sengaja satu nama lagi diberikan kebebasan kepada masing- masing muktamirin untuk memilihnya.” ujarnya.

Meski begitu, Fokal IMM menurut Mamun tidak menyebut siapa calon yang harus diprioritaskan untuk menjadi ketua umum, karena memahami bahwa sistem yang digunakan adalah musyawarah mufakat oleh 13 formatur.

Dian ramdhani/ Anwar majid
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1230 seconds (0.1#10.140)