2016, Tol ke Kawasan Wisata Dibangun

Senin, 03 Agustus 2015 - 10:53 WIB
2016, Tol ke Kawasan Wisata Dibangun
2016, Tol ke Kawasan Wisata Dibangun
A A A
Jalan tol Serang-Tanjung Lesung yang akan membuka akses baru menuju kawasan wisata pantai dibangun 2016.

Panjang jalan menuju kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata ini sepanjang 60 kilometer. Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Banten Ali Fadillah mengatakan, roadmap jalan tol Tanjung Lesung akan segera disusun. ”Jalan ini dibangun untuk meningkatkan kunjungan wisata di Banten, khususnya penunjang KEK Tanjung Lesung,” kata Ali kemarin.

Selain roadmap, pihaknya juga sedang mematangkan analisis dampak dan manajemen lingkungan serta studi kelayakan pembangunan jalan tol tersebut. ”Untuk Tanjung Lesung, kita sudah rapat terakhir yang diselenggarakan Kemenko Perekonomian. Sudah ada progres yang cukup baik tentang pembangunan jalan tol. Sekarang kita dalam studi kelayakan, terutama amdal yang dilakukan Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat), Kemenko Perekonomian, dan BLHD Banten,” sebutnya.

Pembangunan jalan tol yang merupakan perintah langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut diharuskan selesai dalam jangka waktu tiga tahun. Ali pun meminta kerja sama yang baik antara masyarakat, swasta, Pemkab Pandeglang, dan Pemprov Banten untuk bisa mewujudkan rencana pembangunan jalan tol. ”Agar pertumbuhan ekonomi Banten di selatan dapat segera terwujud,” tegasnya.

Kawasan wisata pantai baik dari Anyer, Kabupaten Serang; Pantai Carita Kabupaten Pandeglang; maupun kawasan TanjungLesung, KabupatenPandeglang selalu diserbu pengunjung yang datang dari berbagai kota di Jabotabek dan kota-kota lainnya diIndonesia. Saat musimlibur, ribuan mobil, dan iring-iringan kendaraan roda dua bergerak memasuki jalan-jalan menuju tempat wisata pantai di Banten.

Tidak jarang, jalan-jalan menuju tempat wisata itu seperti Jalan Cilegon-Anyer, Lingkar Selatan Cilegon-Anyer, Pandeglang- Carita, Labuan-Tanjung Lesung, hingga jalan-jalan alternatif di Kabupaten Serang menuju Anyer seperti ruas Palima- Cinangka-Anyer dan Jalan Taktakan-Anyer selalu dipadati mobil pengunjung. Hikmatullah, warga Cinangka, Kabupaten Serang, mengatakan, kepadatan pengunjung pantai selalu memadati pantai saat musim liburan Lebaran, tahun baru, dan libur sekolah.

”Meski ada jalan Lingkar Selatan Cilegon, jalan alternatif menuju kawasan wisata masih sangat padat, terutama dipadati oleh pengendara sepeda motor,” sebutnya.

Teguh mahardika
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4607 seconds (0.1#10.140)