Kopassus Beri 50.000 Bibit Pohon

Sabtu, 01 Agustus 2015 - 10:15 WIB
Kopassus Beri 50.000 Bibit Pohon
Kopassus Beri 50.000 Bibit Pohon
A A A
DILI - Komando Pasukan Khusus (Kopassus) bersama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) memberikan 50.000 bibit pohon kepada pemerintah Republik Demokratik Timor Leste.

Pemberian berbagai jenis bibit pohon ini merupakan bagian dari pembahasan Rancangan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) lintas negara dan realisasi program yang telah dicanangkan sebelumnya oleh Kopassus, yaitu Hijau untuk Timor Leste (Green for Timor Leste ).

Anggota Parlemen Nasional Timor Leste Jorge da Conciao Teme mengapresiasi pemberian bantuan 50.000 bibit pohon tersebut. Jorge menuturkan, program penghijauan di Timor Leste ini berawal ketika dirinya transitdi Jakarta, dan melihat kebun bibit milik Paguyuban Budiasi yang dipelopori Mayjen TNI Doni Monardo saat masih menjabat danjen Kopassus, di Bogor, Jawa Barat.

Keinginan untuk menghijaukan Timor Leste, sambung Jorge, disampaikan saat pertemuan dewanmenteridandisambutbaik Xanana Gusmao. ”Ini adalah tanda persaudaraan dan keakraban kita. Tentu saja ini rekonsiliasi melalui program penghijauan. Kita namakan itu pohon-pohon perdamaian atau pohon rekonsiliasi,” ucapnya.

Hal itu dilanjutkan dengan kehadiran sejumlah veteran dan sejumlah pejabat tinggi pemerintahan Timor Leste pada peringatan HUT Kopassus di Cijantung. ”Bersama para veteran dan teman-teman dari Timor Leste, kita berjabat tangan dan bernostalgia. Ini jadi bukti pohon itu sebagai jalan rekonsiliasi,” kata Jorge.

Sementara itu, pendiri Paguyuban Budiasi Mayjen TNI Doni Monardo mengaku siap memberikan bantuan jika ada permintaan resmi dari pemerintah Timor Leste. ”Kalau ada permintaan resmi dan KLH menugaskan maka kami siap membantu,” ucapnya. Doni menjelaskan, paguyuban ini tidak hanya terdiri atas para prajurit TNI, tetapi juga pemuda yang tinggal di sekitar Bogor, termasuk para mahasiswa.

”Kita diminta 100.000 bibit. Saat itu, KSAL Pak Marsetyo langsung menyiapkan kapal untuk membawa tanaman. Tapi setelah dihitung hanya mampu 11.000 sekian, akhirnya bawa lagi dengan dua kapal dan satu Hercules. Total pohon yang berhasil dibawa sekitar 26.000 pohon,” ujarnya.

Pengamat militer dan intelijen Susaningtyas Kertapati menilai penghijauan adalah kebutuhan di semua negara, tidak terkecuali Timor Leste. Apa yang dilakukan Kopassus melalui Paguyuban Budiasi merupakan langkah yang tepat dalam membantu penghijauan di Timor Leste.

”Ini bukan saja soft diplomacy, tapi ke depan bagaimana membangun kerja sama yang lebih kondusif, dimulai dari diplomasi hijau yang dilaksanakan Paguyuban Budiasi yang dipimpin Mayor Jenderal Doni Monardo,” ujarnya.

Sucipto
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5797 seconds (0.1#10.140)