308 Hotspot Terdeteksi di Sumatera

Senin, 27 Juli 2015 - 09:23 WIB
308 Hotspot Terdeteksi...
308 Hotspot Terdeteksi di Sumatera
A A A
PEKANBARU - Tingkat kebakaran hutan dan lahan di Pulau Sumatera masih tinggi dalam beberapa hari terakhir.

Satelit Terra dan Aqua kemarin mendeteksi terdapat 308 titik panas atau hotspot yang mengindikasikan kebakaran lahan dan hutan tersebar di pulau tersebut. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru Sugarin mengatakan, Riau menjadi penyumbang hotspot terbanyak dengan jumlah 122 titik.

Daerah lainnya di Sumatera yang menjadi penyumbang hotspot adalah Sumatera Selatan dengan 59 titik, Jambi 58, Sumatera Utara 25, Sumatera Barat 19, Bengkulu 10, Bangka Belitung 9, Lampung 5, dan Kepulauan Riau 1. Lokasi paling banyak terdeteksi hotspot di Riau adalah Kabupaten Pelalawan dengan 44 titik.

Kemudian dari alat pemantau Indeks Standar Pencemar Udara di Kota Pekanbaru, menunjukkan kualitas udara dalam level ”sedang” akibat polusi asap. ”Secara umum, kondisi cuaca di wilayah Riau cerah berawan disertai kabut asap tipis pada pagi dan malam hari,” kata Sugarin.

Di Riau, menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Riau Edwar Sanger, titik api saat ini sudah mengalami penurunan karena turun hujan di beberapa daerah.

ant
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0640 seconds (0.1#10.140)