KM Dobonsolo Angkut 1.900 Penumpang

Sabtu, 25 Juli 2015 - 11:28 WIB
KM Dobonsolo Angkut...
KM Dobonsolo Angkut 1.900 Penumpang
A A A
JAKARTA - Kapal Motor (KM) Dobonsolo yang mengangkut 1.900 penumpang dan 803 sepeda motor dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, kemarin pagi.

”Jumlah penumpang dari Semarang ke Jakarta tidak jauh berbeda dengan jumlah pemudik yang berangkat dari Jakarta ke Semarang,” kata Kapten KM Dobonsolo Muhadu di Jakarta kemarin. Muhadu menuturkan, perjalanan KM Dobonsolo tidak terkendala cuaca maupun gelombang laut dengan waktu perjalanan sekitar 12 jam.

Jumlah penumpang dan sepeda motor arus balik yang menumpang KM Dobonsolo hampir sama dengan jumlah pemudik yang diberangkatkan dari Tanjung Priok menuju Tanjung Emas pada Senin (13/7). Menurut Muhadu, masyarakat tertarik dengan program arus mudik gratis kapal laut yang digulirkan Kementerian Perhubungan.

Program arus mudik gratis kapal laut dapat menekan jumlah kecelakaan lalu lintas transportasi jalur darat. ”Program mudik gratis kapal laut sudah berlangsung empat kali,” ujar Muhadu. Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok Bay Muhammad Hasani memperkirakan puncak arus balik akan terjadi pada Minggu (26/7) saat jadwal sekolah masuk pada Senin (27/7).

Bay menambahkan, Kementerian Perhubungan menargetkan arus mudik gratis kapal sebanyak 30 perjalanan pada 2016 dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju berbagai kota di Indonesia. Bay meyakinkan instansi terkait seperti pengamanan dari kepolisian, Syahbandar, Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), dan otoritas lainnya lebih siap melayani program arus mudik dan balik Lebaran gratis kapal laut.

Secara terpisah, Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Tanjung Emas menyatakan, seluruh kapal yang beroperasi melalui pelabuhan Semarang sejauh ini mengikuti aturan yang berlaku. ”Sejauh ini belum ada kapal yang mengangkut penumpang melebihi batas toleransi,” kata Kepala KSOP Tanjung Emas Marwansyah di Semarang kemarin.

Syarifudin/ant
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0907 seconds (0.1#10.140)