Warga Sambut Lebaran Ketupat

Rabu, 22 Juli 2015 - 10:52 WIB
Warga Sambut Lebaran Ketupat
Warga Sambut Lebaran Ketupat
A A A
PALANGKA RAYA - Sejumlah warga Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, mulai bersiap menyambut tradisi Lebaran Ketupat yang biasa dilaksanakan sepekan setelah Idul Fitri.

Nor Jannah, warga Jalan G.Obos 25, Palangka Raya, kemarin mengatakan bahwa tradisi Lebaran Ketupat dilaksanakan pada hari ketujuh setelah Idul Fitri sehingga harus mulai menyiapkan kebutuhan seperti berbelanja sayuran dan bahan lainnya.

”Sejak lebaran kelima ini saya sudah harus mempersiapkan bahan-bahan untuk pelaksanaan Lebaran Ketupat. Saya tadi beli ketupat karena jika terlalu mepet takut kehabisan dan harganya lebih mahal,” kata ibu rumah tangga beranak satu ini. Bahan lain juga disiapkannya seperti rempah-rempah untuk bumbu, sayuran, serta daging ayam yang nantinya akan dimasak sebagai lauk ketupat.

”Rencananya saya ingin membuat opor ayam. Kenal ataupun tidak, nanti siapa pun boleh mampir ke rumah, karena saat Lebaran Ketupat sudah tradisi untuk mengunjungi rumah-rumah yang menyediakan makanan,” kata wanita kelahiran Banjarnegara, Jawa Tengah, ini.

Adapun Puji Astuti, 35, warga Kelurahan Palangka, menuturkan, ia telah memenuhi seluruh bahan yang diperlukan untuk pelaksanaan Lebaran Ketupat sejak H+3. Dia bersama keluarganya tengah menyiapkan ratusan ketupat yang akan disajikan.

”Ketupat untuk dimakan di tempat bersama opor daging sapi dan opor ayam. Selain itu, kita juga menyediakan mi dan tempe dan tahu bacem serta bakso bagi kerabat dan tetangga yang ingin makanan yang tidak terlalu berat,” katanya. Ia mengatakan, setiap tahun selalu menggelar acara ini sebagai salah satu cara bersilaturahmi dengan teman dan kerabat.

Syarifudin /ant
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6715 seconds (0.1#10.140)