Menjaga Konsistensi Ramadan

Senin, 13 Juli 2015 - 10:47 WIB
Menjaga Konsistensi Ramadan
Menjaga Konsistensi Ramadan
A A A
JAKARTA - Semangat Ramadan harus terus ditularkan di bulan-bulan lain. Konsistensi dalam menjalankan ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT adalah salah satu bentuk keberhasilan ibadah Ramadan yang diraih seorang umat.

”Ramadan itu ibarat pemantik. Dia sudah menghidupkan, tentang apinya nanti akan terus hidup atau mati itu diserahkan ke kita. Sekarang kita mau mempertahankan kebaikan atau tidak?” ujar pendiri Cinta Quran Ustaz Fatih Karim saat menyampaikan tausiah Jejak Sajadah Ramadan di Masjid At-Tin, Jakarta, kemarin.

Menurut dia, secara logika seharusnya tidak ada kesulitan bagi seorang umat untuk melanjutkan tren positif Ramadan di kehidupan sehari-hari. Memang, faktor lingkungan mempunyai peran cukup besar untuk membawa kebiasaan baik Ramadan ini ke bulanbulan lain. ”Memang salah satu yang bisa membuat kita konsisten adalah lingkungan.

Berteman dengan orang-orang saleh, lama-kelamaan saleh itu menjadi bagian dari hidup. Perubahan diri kita tidak bisa sendiri, melainkan juga dari lingkungan,” katanya. Salahsatutipsyangdiberikan Ustaz Fatih agar semangat Ramadan tetap tertanam adalah menumbuhkan kesadaran bahwa kesempatan hidup manusia hanya sementara.

Peluang bertemu dengan Ramadan selanjutnya yang tidak dapat dipastikan semestinya memacu diri untuk memaksimalkan setiap kesempatan hidup. ”Jangan sampai justru kita sudah beramal di Ramadan, tapi di bulan lain tidak rakus beramal. Padahal, hidup kita singkat, berarti kita harus maksimalkan,” ujarnya. Tips lainnya, menebalkan niat.

Karena dari sanalah muncul kekuatan yang membawa seorang manusia untuk terus melanjutkan kebaikan yang telah dilakukannya. ”Kalau Ramadan saja bisa kenapa setelahnya tidak,” ucapnya. Jejak Sajadah Ramadan ini diawali dengan seminar bertema ”Alquran Membuat Kita Kaya” yang diisi sejumlah pembicara yang secara bergiliran menyampaikan materinya, antara lain Mas Mono, Samsul Arifin, Jamil Azzaini, Jay Teroris (motivator), serta Ustaz Bobby Herwibowo (moderator).

Dalam acara tersebut juga dibagikan hadiah kepada 5 jamaah yang berhasil menghafalkan Surat An-Najm setelah mengikuti pelatihan yang dibimbing langsung Ustaz Bobby Herwibowo, pendiri Menghafal Alquran Semudah Tersenyum.

Adapun tokoh inspiratif yang dihadirkan adalah artis Peggy Melati Sukma dan Caisar Putra Aditya yang berbagi kisah seputar perjalanan spiritualnya hingga saat ini memilih menekuni ilmu agama. Acara diselingi tausiah dan hiburan musik religi oleh Ustaz Derry Sulaiman.

Beri Bantuan Anak Yatim Piatu

Sementara itu, KORAN SINDO bersama Sindonews. com kembali memberikan santunan kepada anak yatim piatu yang dikelola Masjid At- Tin. Bantuan dana diberikan secara simbolis oleh GM Sales dan Event KORAN SINDO dan Sindonews.com Rini Irawati Nurida kepada bagian pendidikan Masjid At-Tin Burhan.

Rini Irawati Nurida mengucapkan banyak terima kasih kepada para jamaah yang telah meluangkan waktunya untuk mengisi acara Jejak Sajadah Ramadan bersama. Dia lalu meminta masukan dari seluruh pihak atas terselenggaranya acara yang telah memasuki tempat kelima ini. ”Kami ingin media ini bisa selalu dijadikan tempat berdakwah,” katanya.

Sales Officer BNI Syariah Cabang Jakarta Timur Thohir Hidayat mendukung penuh terselenggaranya acara Jejak Sajadah Ramadan hingga tuntas. Hal itu sesuai dengan moto yang dimiliki BNI Syariah, yakni amanah berjamaah. ”Kami sangat berterima kasih dan mendukung acara-acara keislaman Ramadan sesuai moto amanah berjamaah,” ujarnya.

Harapan BNI Syariah terhadap acara semacam ini bisa semakin mengenalkan ekonomi syariah ke masyarakat luas. ”Selain itu agar dapat menjadi bank syariah yang bisa memajukan ekonomi bangsa,” ucapnya. Dalam kesempatan itu, BNI Syariah kembali memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat melalui pengobatan umum sekaligus cek kesehatan di stan yang didirikan karyawan. Disediakan juga BNI Syariah mobile bagi masyarakat yang ingin menjadi nasabah baru BNI Syariah.

Dian ramdhani
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7624 seconds (0.1#10.140)