Kenalkan Indonesia lewat Sosial Media

Sabtu, 11 Juli 2015 - 09:09 WIB
Kenalkan Indonesia lewat Sosial Media
Kenalkan Indonesia lewat Sosial Media
A A A
BAGAIMANA kalian menyimpan sebuah kenangan traveling yang sangat berkesan? Catatan harian sudah mulai tergantikan dengan blog. Namun, untuk mengunggah foto perjalanan, ternyata banyak millenials yang memilih memakai platform Instagram. Mengapa?

Menurut Kadek Arini, Instagram lebih visual dibandingkan media sosial lainnya. Pemilik akun dan followersnya pun lebih aktif berinteraksi. Dalam acara bertajuk #InspirasiKelanadi Jakarta belum lama ini, sejumlah Instagram merber bagi cerita soal traveling dan bagaimana membaginya ke sosial media sehingga selain sebagai tempat menyimpan memori juga sebagai representasi diri.

Asoka Remadja Sungkharisma @asokaremadja, Meizal Rossi @meizalrossi, Rizal Agustin @mrizag, Anggey Anggraini @her_journeys, dan Kadek Arini Stepitula Gayatri @kadekarini berdiskusi dengan pengunjung yang hadir mengenai dampak Instagram bagi pariwisata yang ada di Indonesia. Mereka saling berbagi informasi bagaimana memanfaatkan Instagram dengan baik dan menjadi personal branding.

Asoka menyarankan untuk membangun akun Instagram agar lebih viral dan dikenal, mulai dari halaman depan Instagramkita. Ia juga menyarankan beberapa aplikasi yang diperlukan untuk menguatkan gambar yang dihasilkan, seperti Snapseed, VSCO Cam, Litely,dan Deluxe.

Meizal Rossi berbagi mengenai cara pengambilan gambar yang baik dan mulai untuk mem-posting video agar memori traveling menjadi lebih berkesan dan menguatkan personal branding.

“Kalau jalan-jalan, kita enggak sungkan untuk mengontak salah satu admin Instagramdaerah yang akan kita kunjungi, seperti ExploreBali, ExploreBanjar,siapa tahu malah dapat satu objek wisata yang tersembunyi banget, bahkan enggak ada di Google,” ujar Anggey Anggraini. ”Selain dapat pengalaman dan tempat baru, juga pertemanan baru,” imbuh Rizal Agustin. Keduanya memberikan saran untuk membangun hubungan baik dengan follower di Instagram untuk menemukan tempat terbaik traveling.

Terakhir, Kadek Arini berpesan “be a responsible traveler”. Dalam acara ini, www.indonesiakaya.comjuga meluncurkan yang memuat pengalaman travelingkita kepada publik. Fitur yang ditampilkan dari jurnal ini, kita dapat memuat artikel sebanyak mungkin tentang traveling dan melampirkan gambar serta video di jurnal tersebut.

Ada pula kompetisi mencari 5 pemenang untuk tripke Pulau Weh selama 4 hari/3 malam. Agar terpilih sebagai salah satu pemenang, kita diharuskan menulis cerita travelingyang kita alami untuk kemudian ditampilkan di portal Jurnal Indonesia Kayadan akan dilakukan pemilihan kepada 5 pemenang terbaik yang terbagi menjadi 2 pemenang dengan cerita, foto, dan video terbaik, dan 3 pemenang kepada masing-masing pemilik dari artikel terbaik, foto terbaik, dan video terbaik.

Untuk dapat mengikuti kompetisi ini, peserta diharapkan memiliki akun di indonesiakaya.com untuk dapat menuliskan cerita mereka, Indonesia Kaya juga mensyaratkan kepada tiap peserta untuk wajib followsemua akun Indonesia Kaya baik Facebook, Twitter,dan Instagram. Kompetisi ini dimulai 10 Juli dan akan berlangsung selama sebulan penuh hingga 10 Agustus.

Arief Alqori/ Mehran Ilma
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7471 seconds (0.1#10.140)